PEMANFAATAN WEBGIS UNTUK PELAYANAN PENGADUAN PELANGGAN PDAM

Authors

  • Marlin Lasena STMIK Ichsan Gorontalo
  • Misrawati Aprilyana Puspa Universitas Ichsan Gorontalo
  • Citra Yustitya Gobel Universitas Ichsan Gorontalo

DOI:

https://doi.org/10.36085/jsai.v5i2.3363

Abstract

Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Gorontalo memilik tugas untuk memberikan pelayanan air bersih kepada masyarakat luas di wilayah Kota Gorontalo. Kendala yang sering terjadi pada PDAM Kota Gorontalo saat ini adalah banyaknya komplain pelanggan yang masuk seperti kebocoran pipa, air tidak mengalir, air kotor, dan tekanan air lemah, menjadi kendala umum yang terjadi, terlebih ketika layanan pengaduan untuk saat ini hanya ketika petugas sedang berada di lokasi ataupun melalui call center. Hal ini dinilai kurang efektif dalam menerima pengaduan yang bersifat teknis dari konsumen, sehingga PDAM membutuhkan waktu lama dalam pendataan secara manual untuk menentukan titik lokasi dan data pelanggan. Tujuan pada penelitian ini adalah merancang aplikasi yang dapat membantu PDAM Kota Gorontalo dalam layanan pengaduan untuk menentukan titik lokasi dan data detail pelanggan yang melakukan Komplain.

Hasil penelitian ini nantinya akan diimplementasikan pada PDAM Kota Gorontalo maksud untuk memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam melakukan pengaduan terhadap kendala yang dihadapi, sehingga dapat mempermudah pihak PDAM Kota Gorontalo dalam menentukan lokasi dan melakukan perbaikan

Author Biography

Marlin Lasena, STMIK Ichsan Gorontalo

sistem informasi

Downloads

Published

2022-06-30

Issue

Section

Articles
Abstract viewed = 180 times