PELATIHAN PEMBUATAN PESTISIDA NABATI UNTUK MENDUKUNG KAMPUNG ORGANIK SARI MAKMUR KOTA MAGELANG MENUJU DESA SENTRA ORGANIC FARMING

Authors

  • Muzayyanah Rahmiyah Universitas Tidar
  • Eka Nur Jannah Universitas Tidar
  • Fuad Hilmy Universitas Tidar

DOI:

https://doi.org/10.36085/jpmbr.v7i1.6183

Abstract

Pertanian organik dewasa ini semakin berkembang seiring dengan meningkatnya minat dan kesadaran masyarakat akan pola hidup sehat. Kota Magelang salah satu diantara banyak daerah yang mengembangkan pertanian organik. Hal ini dibuktikan dengan dukungan pemerintah kota yang mencanangkan program Magelang Cantik (Magelang Cinta Organik) melalui urban farming untuk warganya. Salah satu kelompok yang saat ini fokus terhadap pertanian organik yaitu Kampung Organik Sari Makmur yang beranggotakan ibu-ibu PKK. Kampung Organik Sari Makmur memiliki beberapa kegiatan yaitu bercocok tanam sampai memasarkan hasil panen mereka. Tanaman yang dibudidayakan adalah tanaman sayuran yang memang disasar untuk menjaga ketahanan pangan keluarga. Praktik budidaya tanaman tersebut menemui kendala yaitu hadirnya hama dan penyakit yang merusak tanaman sayuran. Kegiatan ini dilaksanakan guna menambah pengetahuan dan keterampilan para pengurus dan anggota Kampung Organik Sari Makmur dalam pembuatan pestisida nabati berbahan alami yang nantinya digunakan dalam pencegahan hama dan penyakit tanaman sayuran. Metode yang digunakan adalah penyuluhan dan demonstrasi pembuatan pestisida nabati yang berbahan daun pepaya. Selain itu juga diadakan kegiatan pemasangan perangkap yellow trap pada lahan tersebut.

 

Kata Kunci: organic farming, sari makmur, untidar

References

Amirullah, J. Dan C. Wati. 2018. Uji Efektivitas Beberapa Warna Perangkap terhadap Populasi Lalat Buah Bactrocera sp. (Diptera: Tephritidae) pada Tanaman Cabai Merah. Prosiding Seminar Nasional Lahan Suboptimal. 18-18 Oktober 2018. Palembang: 482-487.

Magelangkota. 2022. https://jatengprov.go.id/beritadaera h/pemkot-magelang manfaatkan-dana-insentif-daerah-untuk-urban- farming/diakses tanggal1Desember 2022.

Ramadhona R, Djamilah dan Mukhtasar. (2018). Efektivitas ekstrak daun pepaya dalam pengendalian kutu daun pada fase vegetatif tanaman terung. Jurnal Ilmu-Ilmu Pertanian Indonesia. 20 (1):1-7.

Rangga KK, Abdul Mutolib, Helvi Yanfika, Indah Listiana, Indah Nurmayasari. (2020). Tingkat efektivitas penyuluhan pertanian di Kecamatan Jati Agung Kabupaten Lampung Selatan. Jurnal Agribisnis Terpadu. Vol. 13 No. 1: 1-16.

Septya F, Rosnita, Roza Yulida, Yulia Andriani. (2021). Urban Farming Sebagai Upaya Ketahanan Pangan Keluarga Di Kelurahan Labuh Baru Timur Kota Pekanbaru. Reswara Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 2022, Volume 3 Nomor 1: 105-114.

Published

2024-04-06
Abstract viewed = 39 times