DIGITALISASI PORTOFOLIO SISWA BERBASIS WEBSITE DI SMK INFORMATIKA WONOSOBO

Authors

  • Imam Riadi Universitas Ahmad Dahlan
  • Rusydi Umar Universitas Ahmad Dahlan
  • Alwas Muis Universitas Ahmad Dahlan
  • Muhajir Yunus Universitas Ahmad Dahlan

DOI:

https://doi.org/10.36085/jpmbr.v6i3.5869

Abstract

Siswa dilatih untuk memiliki skill dan pengetahuan agar dapat bekerja pada industri. Setiap siswa dituntut memiliki pengetahuan yang dapat digunakan untuk mencari kerja setelah lulus. Kebutuhan akan adaptasi terhadap perkembangan teknologi informasi dan komunikasi dalam dunia pendidikan semakin meningkat. Sehingga dibutuhkan pelatihan terkait penggunaan teknologi informasi untuk membantu siswa beradaptasi dengan perkembangan teknologi. Tujuan pelatihan ini yaitu untuk memperkenalkan siswa tentang konsep portofolio digital berbasis website dan membekali mereka dengan keterampilan menggunakan teknologi informasi yang relevan untuk membangun dan mengelola portofolio. Manfaat pelatihan ini yaitu membantu siswa untuk mempresentasikan karya-karya mereka secara efektif kepada pihak-pihak yang berkepentingan seperti calon perguruan tinggi dan pemberi kerja. Metode analisis data pada pelatihan ini menggunakan metode likert dengan memberikan pernyataan dan memberikan jawaban mulai dari sangat setuju, setuju, netral, tidak setuju, dan sangat tidak setuju. Siswa berhasil membangun portofolio digital yang menarik dan profesional, memamerkan karya-karya mereka dengan efektif. Metode pengumpulan data pada kegiatan ini yaitu menggunakan kuesioner. ini menunjukkan bahwa pelatihan portofolio menggunakan website sangat mudah dipahami oleh siswa. Selain itu, seluruh siswa berharap pelatihan seperti sering diadakan untuk membantu dalam memanfaatkan teknologi informasi untuk pengembangan diri. Penerapan pelatihan ini di SMK Informatika Wonosobo memberikan manfaat yang signifikan bagi siswa dalam menghadapi tantangan di era digital.

 

Kata Kunci: Google sites, pelatihan, portofolio, website

References

Aryani, Irma, and Hasanah Suryana, Nina, Maulida. 2021. “Jurnal Abdimas UNAYA.” Jurnal Abdimas UNAYA 2(1):1–5.

Cintamulya, Imas, and Mu’jizatin Fadiana. 2021. “Pelatihan Penelusuran E-Resources Untuk Penyusunan Artikel Ilmiah Bagi Guru-Guru Di Kabupaten Tuban.” Abdimas: Jurnal Pengabdian Masyarakat Universitas Merdeka Malang 6(3):395–403. doi: 10.26905/abdimas.v6i3.5318.

Cohen, Doron, Or Naim, Eran Toch, and Irad Ben-Gal. 2021. “Website Categorization via Design Attribute Learning.” Computers and Security 107:102312. doi: 10.1016/j.cose.2021.102312.

Fadlil, Abdul, Anton Yudhana, Setiawan Ardi Wijaya, Fitri Anggraini, and Agus Prasetyo Marsaid. 2022. “Pelatihan Desain Grafis Dengan Software Photoshop Sebagai Peluang Usaha Bagi Guru/Siswa SMAN 3 Singingi Hilir.” Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat 4(1):230–36. doi: 10.20527/btjpm.v4i1.5066.

Hora, Andre. 2021. “Characterizing Top Ranked Code Examples in Google.” Journal of Systems and Software 178:110971. doi: 10.1016/j.jss.2021.110971.

Kurniadi, Wisnu, Jusriati, and Syafriadi. 2021. “Pemanfaatan Google Sites Untuk Proses Pembelajaran Daring Pada Matakuliah Essay Writing.” Konferensi Nasional Ilmu Komputer (KONIK) 2021 225–28.

Laflen, Angela. 2023. “Exploring How Response Technologies Shape Instructor Feedback: A Comparison of Canvas Speedgrader, Google Docs, and Turnitin GradeMark.” Computers and Composition 68:102777. doi: 10.1016/j.compcom.2023.102777.

Pandunata, Priza. 2022. “Pelatihan Pemanfaatan Google Sites Dan Integrasi Nama Domain Sebagai Sarana Publikasi Informasi Pada TKIT Buah Hati Kita Jember.” 3(1):8–13. doi: 10.33096/ilkomas.v3i1.1255.

Rahmidani, Rose, Armiati Armiati, and Dessi Susanti. 2018. “Pkm Meningkatkan Kemampuan Hard Skills Guru Pembelajar Jurusan Bisnis Daring Dan Pemasaran Melalui Pembuatan Web-Blog Sebagai Kompetensi Pemasaran Online, Smkn 1 Dan Smk Kosgoro 2 Kota Payakumbuh.” Jurnal Pengabdian Masyarakat Universitas Merdeka Malang 3(2). doi: 10.26905/abdimas.v3i2.2479.

Riadi, Imam, Abdul Fadlil, Fiki Andrianto, Ade Elvina, Galih Fanani, and Dewi Sahara Nasution. 2022. “Penggunaan Teknologi Tools Powerpoint Dan Canva Untuk Media Informasi.” Aksiologiya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 6(2):341. doi: 10.30651/aks.v6i2.11781.

Salsabila, Unik Hanifah, and Anggi Pratiwi. 2021. “Optimasi Google Suites Dan PowerPoint Untuk Membuat Bahan Ajar Kreatif Pada Mata Pelajaran PAI.” Abdimas: Jurnal Pengabdian Masyarakat Universitas Merdeka Malang 6(1):1–9. doi: 10.26905/abdimas.v1i1.5060.

Sangkalibu, La Ode Muhammad Ramsy, and Hendra Nelva Saputra. 2022. “Membangun Sistem Informasi Website Sekolah Dengan Menggunakan Google Sites.” Jurnal Isema : Islamic Educational Management 7(1):87–96. doi: 10.15575/isema.v7i1.17643.

Sudah, Suleiman Y., Nicholas R. Pagani, Matthew H. Nasra, Michael A. Moverman, Richard N. Puzzitiello, Michael S. Guss, and Mariano E. Menendez. 2022. “What Patients Want to Know about Shoulder Arthroplasty: A Google Search Analysis.” Seminars in Arthroplasty JSES 32(1):162–68. doi: 10.1053/j.sart.2021.08.005.

Sulasmianti, Nova. 2021. Pembelajaran Berbasis Web Dengan Google Sites. Vol. 9.

Tan, Corinne. 2022. “The Curious Case of Regulating False News on Google.” Computer Law and Security Review 46(October 2021):105738. doi: 10.1016/j.clsr.2022.105738.

Ulama, Nahdlatul, and Di Indonesia. 2019. “Website Untuk Penguatan Organisasi Dan Media Perjuangan Aspirasi Persatuan Guru Nahdlatul Ulama.” Jurnal Abdimas 22(2):129–36.

Published

2023-12-31
Abstract viewed = 47 times