PELATIHAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS CANVA UNTUK GURU DI SMA NEGERI 6 KOTA BENGKULU

Authors

  • Ira Maisarah Universitas Bengkulu https://orcid.org/0000-0002-9302-8090
  • Azwandi Universitas Bengkulu
  • Oktazsya Marjelina Lorenza Universitas Bengkulu
  • Siraj Nur Ihrom Universitas Bengkulu
  • Windu Cahya Maharani Universitas Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.36085/jpmbr.v6i3.5791

Abstract

Mengingat pentingnya pembentukan kompetensi siswa, maka seorang guru harus menggunakan berbagai  macam media, misalnya gambar, model, benda, dan alat bantu pengajaran lainnya yang dapat membuat siswa menjadi lebih ingat, bersemangat, dan meningkatkan ketertarikan terhadap materi yang diajarkan oleh seorang guru di dalam kelas. Salah satu aplikasi yang dapat digunakan oleh guru di dalam pembelajaran adalah aplikasi Canva. Penggunaan aplikasi ini sebagai media pembelajaran yang berbasis teknologi diharapkan mampu untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Kegiatan Pelatihan Media Pembelajaran Berbasis Canva untuk Guru di SMA Negeri 6 Kota Bengkulu dilaksanakan pada hari Selasa tanggal 11 Juli 2023 pada pukul 8.30 – 12.00 WIB di SMA Negeri 6 Kota Bengkulu dengan jumlah peserta sebanyak 40-62 orang guru. Guru sangat antusias selama mengikuti pelatihan dan dapat menambah pengetahuan mereka. Hal ini terbukti dengan hampir 100% guru memberikan respon yang positif terhadap pelatihan tersebut. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pelatihan ini memberikan dampak positif terhadap wawasan dan pengetahuan guru di SMA Negeri 6 Kota Bengkulu.

 

Kata Kunci: pelatihan, media pembelajaran, canva

References

Alwi, S. (2017). Problematika Guru dalam Pengembangan Media Pembelajaran. Itqan, 8 (2), 145–167. https://ejurnal.iainlhokseumawe.ac.id/index.php/itqan/article/view/107

Azhar, A. (2010). Media Pengajaran. Raja Grafindo Persada.

Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pendidikan dan kebudayaan. (2013). Kurikulum 2013: Pergeseran Paradigma Belajar Abad 21. http://litbang.kemdikbud.go.id/index.php/index-berita-kurikulum/243-kurikulum-2013-pergeseran-paradigma-belajar-abad-21

Batubara, H. H. (2020). Media Pembelajaran Efektif. Fatawa Publishing.

Edwards, L. (2022). What Is Canva And How Does It Work? Tips & Tricks. Tech and Learning: Tools and Ideas to Transform Education. https://www.techlearning.com/how-to/what-is-canva-and-how-does-it-work-for-education

Gehred, A. P. (2020). Canva: Resource Review. Journal of the Medical Library Association, 108(2), 338–340. https://doi.org/DOI: dx.doi.org/10.5195/jmla.2020.940

Hasan, M., Milawati, Darodjat, Harahap, T. K., Tahrim, T., Anwari, A. M., Rahmat, A., Masdiana, & Indra P., I. M. (2021). Media Pembelajaran. Tahta Media Group.

Jennah, R. (2009). Media Pembelajaran. Antasari Press.

Kamelia. (2019). Using Video as Media of Teaching in English Language Classroom: Expressing Congratulation and Hopes. Journal of Ultimate Research and Trends in Education, 1(1), 34–38. https://journal.unilak.ac.id/index.php/UTAMAX/article/view/2742

Lisnawati, I. (2021). Speaking learning based on multimedia. Journal of Language and Linguistic Studies, 17(4), 2046–2056. doi: 10.52462/jlls.147%0D

Locker, M. (2018). Graphic design startup Canva just turned into a unicorn. https://www.fastcompany.com/40514362/graphic-design-startup-canva-just-turned-into-a-unicorn

Mahnun, N. (2012). Media Pembelajaran (Kajian terhadap Langkah-langkah Pemilihan Media dan Implementasinya dalam Pembelajaran). Jurnal Pemikiran Islam, 37(1), 27–35.

Maisa, E. (2020). Mengenal Generasi Z dan Alpha di Belajar Bersama 16 dalam Jaringan (BBdJ). https://lpmpdki.kemdikbud.go.id/mengenal-generasi-z-dan-alpha-di-belajar-bersama-16-dalam-jaringan-bbdj/

Mulyasa. (2004). Kurikulum Berbasis Kompetensi. PT. Remaja Rosdakarya.

Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. MISYKAT, 3(171–187).

Nurseto, T. (2011). Membuat Media Pembelajaran yang Menarik. Jurnal Ekonomi & Pendidikan, 8(1), 19–35. https://journal.uny.ac.id/index.php/jep/article/viewFile/706/570

Pakpahan, N. F. D. B. (2022). The Effectiveness of Achieve Student Competency between Learning Using Video-Based Media and Power Points in Environmental Science Courses. International Online Journal of Education and Teaching (IOJET), 9(1), 604-611. https://eric.ed.gov/?id=EJ1327920

Pratiwi, I. D., & Laksmiwati, H. (2016). Kepercayaan diri dan kemandirian belajar pada siswa SMA negeri “X.” Jurnal Psikologi Teori Dan Terapan, 7(1), 43–49. https://journal.unesa.ac.id/index.php/jptt/article/view/1769

Rizal, S. U., Maharani, I. N., Ramadhan, M. N., Rizqiawan, D. W., Abdurachman, J., & Damayanti. (2016). Media Pembelajaran. CV. Nurani.

Sanjaya, W. (2013). Perencanaan Sistem Pembelajaran. Kencana Prenada Media Group.

Sulistiyarini, D., & Sukardi, S. (2016). The influence of motivation, learning styles, teacher leadership, and teaching intensity on students’leaning outcomes. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 23(2), 136–143. https://journal.uny.ac.id/index.php/jptk/article/view/13181

Published

2023-12-06
Abstract viewed = 33 times