PENDAMPINGAN UMKM PARFUM MELALUI PENGELOLAAN E-COMMERCE SHOPEE (SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN PENJUALAN SECARA ONLINE UMKM PARFUM DI SIDOARJO)

Authors

  • Imania Melati Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
  • Poppy Febriana Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
  • Ainur Rochmaniah Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

DOI:

https://doi.org/10.36085/jpmbr.v6i2.5590

Abstract

Alvaro Group merupakan perusahaan UMKM yang berfokus dalam penjualan parfum dimana saat ini berlokasi di Sukodono,Sidoarjo. Perusahaan memiliki sistem pemasaran dengan direct selling yang dimana perusahaan memiliki team sales terbagi menjadi sales event, sales mobile, serta sales motoris. Perusahan memberikan target pada setiap harinya untuk setiap sales yaitu minimal dalam sehari 8 botol parfum sehingga sales dan perusahaan dapat terpenuhi targetnya dalam satu hari. Alvaro Group saat ini memiliki akun E-commerce Shopee tetapi masih belum optimal dalam pengelolaannya dikarenakan perusahaan masih berfokus pada penjualan secara langsung. Maka tujuan dari kegiatan ini yaitu mengoptimalkan penggunaan E-commerce Shopee untuk memberikan pemahaman pentingnya pemanfaatan pemasaran secara media digital, menganalisis strategi pengelolaan E-commerce Shopee yang digunakan oleh UMKM parfum dalam upaya untuk meningkatkan penjualan produk parfum Alvaro Group. Hasil dari kegiatan ini adalah meningkatnya ulasan yang diberikan oleh pelanggan yang telah puas berbelanja di E-commerce Shopee, meningkatnya penjualan parfum serta keberhasilan dalam iklan berbayar di E-commerce Shopee.

Kata Kunci: UMKM Marketing, Shopee, media digital, e-commerce

References

Andriyanti, Eka, and Siti Ning Farida. 2022. “Pengaruh Viral Marketing Shopee Affiliate, Kualitas Produk, Dan Harga Terhadap Minat Beli Konsumen Shopee Indonesia (Studi Pada Generasi Z Pengguna Tiktok Di Sidoarjo).” Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis Universitas Multi Data Palembang 11(2):228–41.

Anugrah, Rinasa Agistya, Sri Hardianti Sartika, and Ferriawan Yudhanto. 2020. “Mentorship of Packaging , Branding , and Digital Marketing as Institutional Reinforcements of the MSMEs Community in Kapanewon Turi.”

Faradillah, Faradillah, Lastri Widya Astuti, Leriza Desitama Anggraini, and Muhammad Fadhiel Alie. 2022. “Pelatihan Penggunaan Platform Digital Sebagai Penerapan Eccomerce Pada Kegiatan Umkm.” Jurnal Abdimas Mandiri 6(1):53–59. doi: 10.36982/jam.v6i1.2084.

Fathoni, M. Yoka, Sena Wijayanto, Sandhy Fernandez, and Dasril Aldo. 2023. “Strategi Pemasaran Produk UMKM Desa Cikakak Berbasis Teknologi.” 6(1):167–72.

Hakim, L. (2019). Pelatihan Pemasaran Online Berbasis Marketplace Bagi UMKM Dalam Merespon Perubahan Perilaku Konsumen. II, 74–91.

Harto, B., & Komalasari, R. (2020). Optimalisasi Platform Online Internet Marketing Untuk Sme Little Rose Bandung. Empowerment in the Community, 1(1), 1. https://doi.org/10.31543/ecj.v1i1.357

Nasution, Siti Lam’ah, Christine Herawati Limbong, and Denny Ammari Ramadhan. 2020. “PENGARUH KUALITAS PRODUK, CITRA MEREK, KEPERCAYAAN, KEMUDAHAN, Dan HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA E-COMMERCE SHOPEE (Survei Pada Mahasiswa S1 Fakultas Ekonomi Jurusan Manajemen Universitas Labuhan Batu).” Ecobisma (Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Manajemen) 7(1):43–53. doi: 10.36987/ecobi.v7i1.1528.

Ningrum, D. A. S., & Rochmaniah, A. (2016). Penerimaan Masyarakat terhadap Website P3M.Sidoarjokab.go.id. KANAL: Jurnal Ilmu Komunikasi, 4(2), 121. https://doi.org/10.21070/kanal.v4i2.1446

Nugroho, F. E. (2016). Perancangan Sistem Informasi Penjualan Online Studi Kasus Tokoku. Simetris : Jurnal Teknik Mesin, Elektro Dan Ilmu Komputer, 7(2), 717. https://doi.org/10.24176/simet.v7i2.786

Rachmawati, S., Handayanna, F., Rosanti, D., & Fadhila, A. H. (2012). PENINGKATAN PENDAPATAN UKM PADA HACORD GALLERY DENGAN APLIKASI WEB MARKETPLACE E-COMMERCE. 166–171.

Sulistiyawati, Eka Septiana, and Anna Widayani. 2020. “Marketplace Shopee Sebagai Media Promosi Penjualan UMKM Di Kota Blitar.” Jurnal Pemasaran Kompetitif 4(1):133. doi: 10.32493/jpkpk.v4i1.7087.

Suakanto, S., Fauzi, R., Andreswari, R., Hardiyanti, M., & Nurtrisha, A. (2022). Development of e-commerce applications and integration into the marketplace to support MSME product sales. 7(August), 519–530.

Sulistiyowati, Indah, Ali Akbar, and Fitri Nur Latifah. 2021. “Penerapan Strategi Marketing 4.0 Pada Produsen Kue Kering Di Kecamatan Taman, Kabupaten Sidoarjo.” Community Empowerment 6(12):2147–52.

Wang, Y. T., Society, R., Yan, Z., Reports, C., Psychiatry, M., & Neuroscience, B. (2021). 瓯江实验室谭涛团队诚聘博士后 2 名(神经电生理和生信方向)和研究助理 1-2 名. 34(7), 4–5.

Wuriyanti, O., & Febriana, P. (2022). Problematika Penggunaan New Media ( Whatsapp ) di Kalangan Lansia sebagai Media Bertukar Pesan di Era Digital. Jurnal Komunikasi, 16(2), 161–175.

Downloads

Published

2023-08-16
Abstract viewed = 249 times