PELATIHAN PEMROGRAMAN SCRATCH BAGI GURU-GURU SD ISLAM AL MADINA SEMARANG

Authors

  • Yunus Anis Universitas Stikubank Semarang
  • Artin Bayu Mukti Universitas Stikubank Semarang
  • Sri Mulyani Universitas Stikubank Semarang

DOI:

https://doi.org/10.36085/jpmbr.v6i2.5292

Abstract

Pelatihan pemrograman Scratch bagi guru-guru SD Islam Al Madina Semarang merupakan sebuah program untuk membantu guru-guru dalam memahami dan mengajar pemrograman menggunakan platform Scratch. Program ini terdiri dari dua tahap pelatihan, yaitu pelatihan dasar dan pelatihan lanjutan. Pelatihan dasar mencakup pengenalan Scratch dan elemen dasar seperti sprite, latar belakang, suara, dan gerakan. Sedangkan pelatihan lanjutan membahas topik yang lebih kompleks seperti variabel, pengulangan, dan percabangan serta bagaimana membuat game dan aplikasi interaktif menggunakan Scratch. Analisis situasi menunjukkan bahwa hanya sedikit guru-guru yang memiliki pengetahuan dan pengalaman dalam mengajar pemrograman, diperkuat juga dengan permasalahan mitra yang masih rendah pengetahuan dan pengalaman dalam mengajar pemrograman. Dengan meningkatnya pemahaman dan keterampilan guru-guru dalam menggunakan Scratch, diharapkan pembelajaran di kelas dapat menjadi lebih interaktif dan menyenangkan. Selain itu juga dapat meningkatkan kualitas pengajaran dan membantu anak-anak memahami konsep-konsep penting seperti logika, kreativitas, dan solusi masalah, serta dapat meningkatkan kepercayaan diri dan rasa memiliki siswa terhadap karya yang dihasilkan.

Kata Kunci: Pemrograman Scratch, animasi, game, aplikasi interaktif, kreativitas

References

Adelia, A., & Setiawan, D. (2022). Pelatihan Pembuatan Game Untuk Siswa Sma Santa Maria 1 Cirebon Menggunakan Aplikasi Scratch. Aptekmas Jurnal Pengabdian Pada …, 5, 129–135. http://jurnal.polsri.ac.id/index.php/aptekmas/article/view/3741%0Ahttp://jurnal.polsri.ac.id/index.php/aptekmas/article/download/3741/1859

Guanabara, E., Ltda, K., Guanabara, E., & Ltda, K. (n.d.). Program Aplikasi Scratch pada Mata Pelajaran Agama Islam Bagi Peserta Didik.

Iskandar, S. F. R., & Raditya, A. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Project-Based Learning Berbantuan Scratch. Seminar Nasional Matematika Dan Aplikasinya, 2013, 167.

Mardhiyana, D., & Sejati, E. O. W. (2016). Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Rasa Ingin Tahu Melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1(1), 672–688.

Peritami, S. A., Afifah, A. S., Rijal, A. K., & ... (2022). Membangun Logika Coding melalui Scratch dengan Pembuatan Game di SMP-IT Cahaya Islam. JATIMIKA: Jurnal …, 2, 235–239. http://openjournal.unpam.ac.id/index.php/JATIMIKA/article/view/15382

Raihany, V., Widjaya, S. D., Meliya, R., & Andi, A. (2022). Problematika Guru Dalam Pengembangan Media Pembelajaran Sejarah. Jurnal Pendidikan Sejarah Indonesia, 5(2), 122. https://doi.org/10.17977/um0330v5i2p122-128

Sudihartinih, E., Novita, G., & Rachmatin, D. (2021). Desain Media Pembelajaran Matematika Topik Luas Daerah Segitiga Menggunakan Aplikasi Scratch. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 1390–1398. https://www.j-cup.org/index.php/cendekia/article/view/643

Wandri, R., Daulay, S., Arta, Y., Hanafiah, A., & Mardafora, J. (2023). Pengenalan Dan Pelatihan Algoritma Pemrograman Menggunakan Aplikasi Scratch Untuk Siswa SMK YKWI Pekanbaru. 04(01), 14–18.

Warli, W., & Yuliana, E. (2015). Peningkatan Kreativitas Pemecahan Masalah melalui Metode “What’s Another Way” pada Materi Bangun Datar Siswa kelas VII SMP. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 1(3), 208–222. https://doi.org/10.30998/formatif.v1i3.79

Wulandari, Haftani, D. A., Ridwan, T., & Putri, D. I. H. (2021). Pemanfaatan Platform Scratch dalam Pembelajaran Koding di Sekolah Dasar untuk mengasah kemampuan Computational Thinking pada Siswa. Renjana Pendidikan 1: Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Das

Downloads

Published

2023-08-16
Abstract viewed = 57 times