PELATIHAN BERHITUNG CEPAT DENGAN METODE JARITMATIKA SEBAGAI ALTERNATIF DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA SD

Authors

  • Nurul Hidayati Universitas Bengkulu
  • Dian Agustina Universitas Bengkulu, Indonesia
  • Septri Damayanti Universitas Bengkulu, Indonesia

Abstract

Matematika merupakan ilmu dasar yang mempunyai peranan penting dalam dunia pendidikan sejak Taman kanak-kanak hingga Perguruan Tinggi, karena pelajaran matematika merupakan sarana yang dapat digunakan untuk membekali peserta didik dengan kemampuan berpikir logis, analitis dan kreatif, serta kemampuan bekerjasama. Kompetensi tersebut diperlukan agar peserta didik dapat memiliki kemampuan memperoleh, mengelola, dan memanfaatkan informasi untuk bertahan hidup pada keadaan yang selalu berubah, tidak pasti dan kompetitif. Meskipun mata pelajaran matematika memiliki peranan penting, namun pada kenyataannya masih banyak siswa yang menganggap matematika itu sulit, menakutkan, menjenuhkan dan tidak menyenangkan, hingga akhirnya siswa tersebut menganggapnya tidak begitu penting. Upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut dengan membuat pembelajaran berhitung paling tidak bisa dibuat menjadi menyenangkan, yaitu dengan mencoba aneka eksperimen matematika. Salah satu ekperimen yang dapat dilakukan adalah dengan jari-jari tangan atau jaritmatika. Jaritmatika merupakan salah satu cara melakukan operasi hitung bilangan KaBaTaKu (Kali Bagi Tambah Kurang). Jaritmatika (singkatan dari jari dan aritmatika) adalah metode berhitung dengan menggunakan tangan. Jarimatika dapat membantu siswa untuk mengenali proses berhitung dan tatacara berhitung dengan cara yang mudah dan menyenangkan. Oleh karena itu, pengabdi ingin memperkenalkan belajar berhitung dengan jaritmatika kepada siswa kelas V di SD Negeri 104 Kota Bengkulu, sebagai solusi  untuk mempermudah siswa dalam melakukan perhitungan matematika dan membantu meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran matematika.

Kata Kunci: Matematika, Siswa, Jaritmatika, Bilangan

References

Bete, M., Bulu, V.R., dan Nahak, R.L. 2021. Pengaruh Metode Jaritmatika Terhadap Hasil Belajar Perkalian Siswa Kelas III SD Inpres Sikumana 3 Kupang. Jurnal SPASI : Jurnal Mahasiswa Pendidikan Dasar, Vol. 2, No.1, Maret 2021, 86-99.

Syaharuddin dan Mandailina, V. 2018. Meningkatkan Kemampuan Berhitung Siswa SD Menggunakan Metode Jaritmatika. Journal of Character Education Society , FKIP Ummat, Vol.1, No.1, 2018, page :30-33.

Sitio, T.2017. Penerapan Metode Jaritmatika Untuk Meningkatkan HAsil Belajar MAtematika Siswa Kelas 1 SDN 003 Pagaran Tapah Darussalam Kabupaten Rokan Hulu. Jurnal Primary Program Studi PGSD, FKIP,Universitas Riau.

Sholihah, I. 2015. Penerapan Metode Jaritmatika dalam Pembelajaran Perkalian Kelas II MI Darwata Kalijaran Maos Cilacap Tahun Pelajaran 2014/2015.[skripsi]. Institut Agama Islam Negeri Purwokerto : Purwokerto.

Yudha,F. 2020. Penerapan Metode Jarimatika Materi Perkalian Pada Siswa Kelas 4 MI Hidayatul Mubtadiin Balak Songgon. Biormatika : Jurnal Ilmiah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 6(1),32-40.

Downloads

Published

2023-04-04
Abstract viewed = 60 times