INOVASI MUNGKUS, GURITA, IPUN DENGAN TEKNOLOGI PENGASAPAN KHAS SELUMA

Authors

  • Anggi Josetio Prayoga Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Meilaty Finthariasari Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Ghaefira Nur Fatimah Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Mia Fitri Agustina Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Aziza Nur Insani Universitas Muhammadiyah Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.36085/jpmbr.v6i2.4607

Abstract

Alamat Desa Pasar Seluma, Kecamatan Seluma selatan, Kabupaten Seluma, Provinsi Bengkulu, Lokasi Desa Passar Seluma, Kecamatan Seluma Selatan, Kabupaten Seluma Provinsi Bengkulu, Produk Mungkus, Gurita, Ipun kering. Adapun permasalahan yang dihadapi oleh mitra adalah dalam proses pengeringan yang masih menggunakan proses pengasapan, mitra sebelumnya menggunakan metode jemur sehingga memerlukan waktu yang cukup lama sampai beberapa hari, dan dirasa tidak efisien. Lalu disini kami memberikan alternatif solusi untuk mitra agar proses penjemuran itu tidak memakan waktu yang lama, dengan cara menggunakan metode pengasapan “Smoked Grill” dimana metode ini kami memberi solusi untuk membantu mitra dalam mempermudah dan mempercepat proses pengeringan yang lebih efektif dan efisien. Smoked Grill ini adalah metode pengasapan yang lebih canggih sehingga resiko kegagalan untuk produksi pengeringan itu kecil, karena sebelumnya teknik pengeringan yang mitra gunakan hanya mengandalkan panas matahari, sehingga ketika cuaca tidak mendukung akan menyebabkan bahan menjadi busuk. Metode pengasapan Smoked Grill juga lebih higienis.

Kata Kunci: Inovasi, Teknologi, Pengasapan.

References

Alfitri, N., Kurniadi, D. and Angraini, T. (2023) ‘Penerapan Teknologi Pengasapan Ikan Secara Otomatis Pada Usaha Ikan Salai di Kelurahan Lolong Belanti’, 2(1), pp. 22–26.

Fadilah, I. R. (2021) ‘Pencemaran Mikroplastik Pada Gurita Octopus spp. di Perairan Pulau Pramuka Kepulauan Seribu’, p. 36.

Hartini, S. S. et al. (no date) ‘PADA MASA PANDEMI DI KENJERAN SURABAYA JAWA TIMUR FEASIBILITY ANALYSIS OF SMOKED FISH ( Chanos chanos )’, pp. 55–66.

Jeujanan, S. and Tasriani, E. (2022) ‘Analisis Kelayakan Usaha Ikan Cakalang ( Katsuwonus pelamis , L ) oleh Masyarakat Pengolah Ikan Asap A Feasibility Study On Skipjack Tuna ( Katsuwonus Pelamis , L ) In Smoked Fish Production Community’, 12(April), pp. 22–28.K

arepesina, M. et al. (2022) ‘Penerapan SSOP (Sanitation Standard Operating Procedures) Pada Proses Pembekuan Gurita (Octopus cyaneus) Ball di PT. XYZ’, Jurnal Bluefin Fisheries, 4(2), pp. 89–101.

Nurapipah, M. and Lestari, A. (2023) ‘Edukasi Manfaat Mengonsumsi Ikan Bagi Kesehatan’, Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat : Kesehatan (JPKMK), 3(1), pp. 57–68. Available at: http://jurnal.stikes-notokusumo.ac.id/index.php/JPKMK/article/view/266/184.

Pasca Dwi Putra, Muhammad Nasir and Noni Rozaini (2018) ‘Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat Melalui’, Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 24 n0 3, pp. 110–116.

Pramudita, O., Wahyuni, E. S. and B, I. (2023) ‘Manfaat Media Digital dalam Pengembangan Promosi Paket Umrah di PT. AQM Tour and Travel Kota Bengkulu’, Jurnal Akuntansi, Manajemen dan Ekonomi Bisnis, 6.

Rofi, G. R. (2019) ‘No Title’, penelitan, pp. 1–8.

Willyana (2018) Ikan Mungkus, Cita rasa khas Bengkulu Selatan.

Downloads

Published

2023-08-18
Abstract viewed = 107 times