PENGUATAN KOMPETENSI MENULIS CERITA ANAK BERMEDIA TEKNOLOGI INFORMASI BAGI GURU TAMAN KANAK-KANAK AISYIYAH DI KARTASURA

Authors

  • Main Sufanti Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Aulia Sofia Nur Fadilah Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Mellyonisa Athariq Samsulhadi Universitas Muhammadiyah Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.36085/jpmbr.v6i2.4575

Abstract

Tujuan pengabdian masyarakat ini adalah : (1) meningkatkan motivasi guru dalam menulis cerita dengan media digital, (2) meningkatkan kemampuan guru memanfaatkan media digital, dan (3) meningkatkan kemampuan guru dalam menulis cerita anak. Kegiatan ini dilaksanakan melalui serangkaian kegiatan perizinan, analisis kebutuhan, workshop, evaluasi, dan pendampingan tindak lanjut. Kegiatan ini bekerja sama dengan IGABA Kartasura. Kegiatan ini dilakukan selama empat bulan mulai dari bulan April sampai Agustus 2022. Hasil pengabdian masyarakat sebagai berikut. (1) Peningkatan motivasi guru dalam memanfaatkan laptop, menulis cerita, menelusuri cerita anak di internet. (2) Peningkatan guru dalam memanfaatkan media yaitu menelusuri laman yang mengandung cerita, memilih cerita, mengunduh cerita, dan menyalin cerita ke dalam microsoft word. (3) Peningkatan kemampuan guru dalam menulis cerita dengan metode ATM (Amati, Tiru, dan Modifikasi). Dengan metode ini, guru dapat membuat cerita berdasarkan cerita yang sudah ada dengan memodifikasi tokoh, latar, sudut pandang, konflik, alur, pesan moral, ilustrasi, dan judul sehingga menjadi cerita baru. Guru-guru Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Bustanul Athfal yang tergabung dalam IGABA Kartasura kurang menguasai teknologi informasi dan menulis cerita. Pengabdian masyarakat ini dilakukan untuk meningkatkan kemampuan guru tersebut.

Kata Kunci: Guru Taman Kanak-Kanak, Menulis Cerita, Teknologi Informasi

References

Adlin. 2019. “Analisis Kemampuan Guru dalam Memanfaatkan Media Berbasis Komputer pada Pembelajaran di Sekolah Dasar”. Jurnal Imajinasi, 3(2), 30-35 DOI: https://doi.org/10.26858/i.v3i2.12961

Apriati, Ika., Widya. 2021. Lomba Membuat Cerita Anak Sebagai Sarana Pengembangan Kompetensi Profesional Guru. Jurnal: Pengabdian Kreativitas Pendidikan Mahakam, 1 (2). DOI: https://doi.org/10.24903/jpkpm.v1i2.812

Harahap, R. A. S. (2019). Membangun kecerdasan anak melalui dongeng. Generasi Emas: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(1), 59-70. DOI: https://doi.org/10.25299/ge.2019.vol2(1).3302

Mustanir, Ahmad, Muhammad Rais Rahmat Razak, dan Aksal Mursalat. 2021. “Pemberdayaan Badan Usaha Milik Desa dengan Teknologi Informasi di Masa Pandemi Covid-19 dalam Pelayanan Publik yang Less Contact”. Jurnal Masyarakat Mandiri, 5(5), 2246-2258 https://doi.org/10.31764/jmm.v5i5.5410

Minsih dan Dewi Maya. 2014. “Peningkatan Keterampilan Menyimak Cerita Anak melalui Pendekatan Savi (Somatis, Auditori, Visual, Intelektual) dan Media Ausio Visual pada Siswa Kelas V SD Negeri Ngadirejo 01 Kartasura Kabupaten Sukoharjo Tahun Pelajaran 2013/2014”. Jurnal Profesi Pendidikan Dasar, 1(2), 175-181 https://journals.ums.ac.id/index.php/ppd/article/view/1004

Nursiyanto, Indera, Anggalia Wibasuri, Sri Lestari, dan RZ. Abdul Aziz. 2020. “Pendampingan Media Pembelajaran Online bagi Guru-Guru Sekolah Dasar Islam Pelangi Bandar Lampung”. Darmajaya: Jurnal Teknologi Informasi, 1(1), 20-24 https://jurnal.darmajaya.ac.id/index.php/PSND/article/view/2584.

Puteri, Ika Apriati Widya. 2021. “Lomba Membuat Cerita Anak Sebagai Sarana Pengembangan Kompetensi Profesional Guru”. Jurnal Pengabdian Kreativitas Pendidikan Mahakam, 1(2), 53-57 https://doi.org/10.24903/jpkpm.v1i2.812

Ramdhani, Sandy, Mimi Alfian, dan Eva Nurmayanti. 2019. “Mengembangkan Keterampilan Guru Paud Melalui Pelatihan Penulisan Dongeng Dan Teknik Penyajian”. Jurnal Pelita PAUD, 4(1), 49-56 http://jurnal.upmk.ac.id/index.php/pelitapaud/article/view/815

Riza, Eva, Muasisah Jadidah, Putri Ratih Puspitasari, dan Sisca Nurul Fadila. 2020. “Mengembangkan Kreativitas Guru Paud dalam Menulis Cerita Anak Berbasis Karakter di Jakarta dan Sekitarnya”. Jurnal Inovasi Pendidikan, 4(2), 46-55 https://scholar.archive.org/work/ghnttsfh6bfp5eatlujpbqbx4i/access/wayback/http://journal.thamrin.ac.id/index.php/jipmht/article/download/445/pdf

Rusmiati, Azwar,. Dian, & Lyesmaya,. Dyah. 2020. Analisis Keterampilan Menulis Cerita Anak pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis dalam Jaringan (DARING) di Kelas 4 SDN Brawijaya. Jurnal: Kajian Pendidikan Dasar, 5(2), 143-150. DOI: https://doi.org/10.26618/jkpd.v5i2.3672

Sanjaya, Putu Krisna Adwitya, I Nyoman Suta Widnyana, dan I Putu Nurutama. 2019. “Pemberdayaan Prajuru Lembaga Keuangan Mikro Adat melalui Penerapan Teknologi Informasi di Desa Kesiut Kecamatan Kerambitan Kabupaten Tabanan”. Jurnal Sewaka Bhakti, 3(1), 25-39 https://ejournal.unhi.ac.id/index.php/sewakabhakti/article/view/517

Siddiq, Mohammad & Salma, Hartini. 2020. Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Metode Bercerita. Jurnal: Teknodik, 24(2), 131-146. DOI: https://doi.org/10.32550/teknodik.v24i2.496

Sugara, Slamet & Budiharto. 2021. Hubungan Antara Penguasaan Literasi Sastra dan Minat Belajar dengan Kemampuan Menulis Cerita Anak pada Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal: Didaktika Dwija Indria, 9(4), 1-6. DOI: https://doi.org/10.20961/ddi.v9i5.48714

Sugianingrat, Ida Ayu Widani, Putu Krisna Adwitya Sanjaya, dan Putu Nuratama. 2019. “Pemberdayaan Pengelola Lembaga Ekonomi Komunitas Adat melalui Penguasaan Teknologi Informasi di Desa Jungut Kabupaten Klungkung, Bali”. Jurnal Sewaka Bhakti, 2(1), 21-34 https://ejournal.unhi.ac.id/index.php/sewakabhakti/article/view/288

Wirawan, A. K. (2019). Metode ATM (Amati, Tulis, Modifikasi) untuk Pembelajaran Menulis Puisi Berwawasan Lingkungan. Hasta Wiyata, 2(1), 30-39. DOI: https://doi.org/10.21776/ub.hastawiyata.2018.002.01.04

Faisal, M. (2020, April). Manajemen pendidikan moderasi beragama di era digital. In ICRHD: Journal of Internantional Conference on Religion, Humanity and Development (Vol. 1, No. 1, pp. 195-202). DOI: http://confference.iainptk.ac.id/index.php/icrhd/article/view/17

Downloads

Published

2023-08-16
Abstract viewed = 115 times