PEMANTAPAN KEMAMPUAN MENGAJAR GURU PASCA PANDEMI COVID-19 DI MI DARUSSALAM PASIR PENGARAIAN

Authors

  • Rindi Genesa Hatika Universitas Pasir Pengaraian
  • Ika Daruwati Universitas Pasir Pengaraian
  • Sohibun Sohibun Universitas Pasir Pengaraian
  • Azmi Asra Universitas Pasir Pengaraian
  • Nurhikmah Sasna Junaidi Universitas Pasir Pengaraian
  • Hamid Syahropi Universitas Pasir Pengaraian
  • Pariang Sonang Siregar STKIP Rokania

DOI:

https://doi.org/10.36085/jpmbr.v5i3.4314

Abstract

ABSTRAK

Pandemi Covid-19 memberikan dampak yang besar bagi sektor pendidikan di Indonesia. Tidak ada lagi pembelajaran di dalam kelas maupun perkumpulan pengembangan ekstrakurikuler di seluruh instansi pendidikan. Sehingga pemerintah, tenaga pendidik, guru, siswa dan orang tua berusaha untuk beradaptasi dengan keadaan saat ini yang mengalami banyak perubahan. Banyak permasalahan dan persoalan yang dihadapi oleh seluruh komponen Pendidikan dalam menyelenggarakan keberlanjutan pembelajaran sebagaimana mestinya. MI Darussalam Pasir Pengaraian merupakan salah satu sekolah yang berdampak covid-19, dimana pihak sekolah jg mengikuti anjuran dari pemerintah untuk melaksanakan sekolah secara daring. Namun saat ini, MI Darusalam telah melaksanakan kegiatan pembelajaran secara tatap muka langsung. Permasalah mulai timbul disaat pembelajaran tatap muka dilakukan, sesuai dengan hasil wawancara dengan salah seorang guru yang mengajr di kelas 2, mendapati bahwa kebanyakan siswa kelas 2 masih belum dapat membaca dan menulis secara benar dikarenakan semasa mereka berada dikelas 1 pembelajaran dilaksanakan secara daring. Timbulnya permasalahan akan kemampuan belajar siswa yang telah lama belajar secara daring menjadi cambuk tersendiri bagi guru, guru dituntut harus memberikan pembelajaran secara lebih mendalam dan bermakna. Tim PKM Universitas Pasir Pengaraian melaksanakan kegiatan PKM Pemantapan Kemampuan Mengajar Guru Pasca Pandemi Covid-19 di MI Darusaalam Pasir Pengaraian. Kegiatan ini berhasil dilakukan dengan meningkatnya kemampuan dan semakin mantapnya kemampuan mengajar guru.

Kata Kunci : Pemantapan, Kemampuan Mengajar; Pasca Covid-19

References

Andayani, Refni Delfi, Sukiniarti, Sardjijo, R. Sudarwo, Irzan Tahar, M. (2021). Pemantapan Kemampuan Mengajar (Edisi 3). Universitas Terbuka.

Dewi, R. S. (2018). Kemampuan Profesional Guru Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Mengajar Guru Sekolah Dasar. Jurnal Administrasi Pendidikan, 25(1), 150–159.

Fauzi, L. M., Gazali, M., Mukti, H., & Rahmawati, B. F. (2021). Workshop pembuatan media pembelajaran interaktif dalam memenuhi tuntutan pembelajaran Abad 21. ABSYARA: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 2(2), 185–194.

Fauzi, L. M., Supiyati, S., & Rasidi, A. (2020). Workshop Distance Learning di Masa Pandemic Covid 19. ABSYARA: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 1(1), 16–21.

Hamzah, B. U. (2006). Perencanaan Pemberian Pembelajaran. Aksara.

Junianto, D., & Wagiran, W. (2013). Pengaruh kinerja mengajar guru, keterlibatan orang tua, aktualisasi diri dan motivasi berprestasi terhadap prestasi. Jurnal Pendidikan Vokasi, 3(3).

Kun Prasetya Z. (2011). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Sains Terpadu Untuk Meningkatkan Kognitif, Keterampilan Proses, Kreativitas serta Menerapkan Konsep Ilmiah Peserta Didik SMP. UNY.

Mulyasa. (2007). Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. PT Remaja Rosdakarya.

Sa’bani F. (2017). Peningkatan Kompetensi Guru dalam Menyusun RPP melalui Kegiatan Pelatihan pada MTs Muhammadiyah Wonosari. Jurnal Pendidikan Madrasah, 2, 14.

Syamsuri, S., & Nindiasari, H. (2021). Penguatan konsep matematis bagi guru matematika melalui pelatihan software Scilab secara daring. ABSYARA: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 2(1), 8–14.

Trianto Ibnu Badar, A.-T. (2014). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif dan Kontekstual. Prenadamedia Group.

Published

2022-12-12
Abstract viewed = 111 times