LITERASI HALAL FOOD DAN SERTIFIKASI HALAL BAGI PELAKU USAHA MAKANAN RINGAN DI DESA CUKANGKAWUNG KABUPATEN TASIKMALAYA
Abstract
Literasi halal food dan Sertifikasi halal sangat penting bagi pelaku usaha pangan. Hal tersebut untuk meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap produk yang dijual. Bahkan menurut BPJPH, di tahun 2024 produk pangan berupa makanan, minuman, serta hasil dan jasa sembelihan wajib bersertifikasi halal. Tetapi, tidak semua pelaku UMK mengetahui terkait literasi halal food dan sertifikasi halal, khususnya Ibu-ibu PKK dan para pelaku usaha makanan ringan di Desa Cukangkawung yang memiliki potensi dalam mengembangkan produknya. Tujuan pengabdian masyarakat ini adalah untuk menyampaikan literasi terkait pentingnya halal foods dan sertifikasi halal pada produk mitra melalui pelatihan literasi dan pendampingan sertifikasi halal. Metode kegiatan dilakukan dengan observasi, diskusi dan pelatihan. Lokasi kegiatan dilakukan di Desa Cukangkawung Kecamatan Sodonghilir Kabupaten Tasikmalaya. Setelah kegiatan ini dilakukan, >85% literasi peserta terkait halal food dan sertifikasi halal meningkat.
References
Faridah, H. D. (2019). Sertifikasi Halal di Indonesia: Sejarah, Perkembangan, dan Implementasi. Journal of Halal Product and Research, 2(2).
Finthariasari, M., Febriansyah, E., & Pramadeka, K. (2020). PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DESA PELANGKIAN MELALUI EDUKASI DAN LITERASI KEUANGAN PASAR MODAL MENUJU MASYARAKAT CERDAS BERINVESTASI. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bumi Raflesia, 3(1). https://doi.org/10.36085/jpmbr.v3i1.763
Herlina, E., Setiawan, I., Prabowo, F. H. E., Usmar, D., & Fauzan, I. (2022). PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN LITERASI DIGITAL DALAM UPAYA MEMPROMOSIKAN DESTINASI WISATA UNTUK KELOMPOK SADAR WISATA KABUPATEN CIAMIS. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bumi Raflesia, 5(3), 1006–1012. https://doi.org/10.36085/jpmbr.v5i3.3409
Khan, M. A., Hashim, S., & Bhutto, M. Y. (2021). Factors Affecting Brand Relationship Quality of Halal Food and The Mediating Role of Halal Literacy. International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences, 11(14). https://doi.org/10.6007/ijarbss/v11-i14/8576
Masruroh, N. (2020). The Competitiveness of Indonesian Halal Food Exports in Global Market Competition Industry. Economica: Jurnal Ekonomi Islam, 11(1). https://doi.org/10.21580/economica.2020.11.1.3709
Salehudin, I. (2012). Halal Literacy and Intention of Muslim Consumers to Switch from Products Without Halal Label: An Instrument Development and Validation in Indonesia. SSRN Electronic Journal. https://doi.org/10.2139/ssrn.2004762
Salehudin, I. (2013). Halal Literacy: A Concept Exploration and Measurement Validation. ASEAN Marketing Journal, 2(1). https://doi.org/10.21002/amj.v2i1.1987
Sardiana, A. (2020). Halal literacy and halal product purchase dimension: A preliminary study. INSIGHT Journal, 6(101).
Tobing, D. S. K., Fathorazz, M., & Wulandari, G. A. (2018). Mapping the Competitive Advantage of SMEs in East Java, Indonesia. Jurnal Dinamika Manajemen, 9(1), 23–32. https://doi.org/10.15294/jdm.v9i1.14649
van der Vaart, H. J., & Gibson, T. (2008). Defining SMEs: A Less Imperfect Way of Defining Small and Medium Enterprises in Developing Countries.
Zahrah, A., & Fawaid, A. (2019). Halal Food di Era Revolusi Industri 4.0: Prospek dan Tantangan. Hayula: Indonesian Journal of Multidisciplinary Islamic Studies, 3(2). https://doi.org/10.21009/hayula.003.2.01
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Jurnal Pengabdian Masyarakat Bumi Raflesia
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.