PELATIHAN SIMULASI KONSTRUKSI FONDASI DANGKAL PADA TANAH LUNAK DI SMK N 2 KLATEN JAWA TENGAH

Authors

  • Gayuh Aji Prasetyaningtiyas Universitas Muhammadiyah Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.36085/jpmbr.v5i3.3869

Abstract

Pelatihan ini bertujuan untuk membekali siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dengan perangkat teknologi yang mengikuti perkembangan zaman yang dibutuhkan di dunia konstruksi. Kemajuan konstruksi menuntut kecepatan dan ketepatan penyelesaian pekerjaan. Di sisi lain Siswa kejuruan terbiasa dengan kegiatan yang sifatnya praktik di lapangan. Sementara itu, pembekalan ilmu perencanaan dan analisis konstruksi masih dirasa kurang. Oleh karena itu pelatihan software dalam dunia konstruksi sangat dibutuhkan untuk menutupi kekurangan tersebut. Dalam pelatihan ini software PLAXIS dipilih, karena sangat banyak digunakan di dunia konstruksi namun jarang dipahami dibanding software lain dalam struktur. PLAXIS adalah software analisis dan perencanaan fondasi. Mengingat siswa SMK masih berada pada tahap dasar, maka konstruksi fondasi tanah lunak dipilih dalam pelatihan selama 1 hari. Pelatihan dilakukan di laboratorium komputer SMK N 1 Klaten. Pada akhir penelitian 70% peserta dapat mengulang dengan mandiri Dengan hasil tersebut, pelatihan ini dinilai cukup efektif dalam memahamkan peserta mengenai simulasi konstruksi fondasi dangkal pada tanah lunak.

Kata Kunci: PLAXIS, konstruksi, fondasi, Klaten

References

Arthur, R. (2016). Pembangunan SMK berbasis Infrastruktur berdasarkan Inpres No. 9 tahun 2016 dan Nawacita Presiden Republik Indonesia. In: KONASPI.

Chien, T.-K., Chang, H.-L., Ma, H.-Y., & Lai, W.-L. (2016). How to enhance the effectivity of information integration activity? Paper presented at the 2016 10th International Conference on e-Commerce in Developing Countries: with focus on e-Tourism (ECDC).

DURMUŞ, A., & DAĞLI, A. (2017). Integration of vocational schools to industry 4.0 by updating curriculum and programs. International Journal of Multidisciplinary Studies and Innovative Technologies, 1(1), 1-3.

Handriyanti S, N., Asrib, A. R., & Rauf, B. A. (2019). Relevansi Kompetensi Mata Pelajaran Menggambar Menggunakan Program Autocad di SMK Terhadap Kebutuhan Kompetensi Tenaga Drafter pada Jasa Konstruksi di Dunia Industri. UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR,

Kristyowati, R., & Purwanto, A. (2019). Pembelajaran literasi sains melalui pemanfaatan lingkungan. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(2), 183-191.

Rizky, A., Ivall, M., Pudjihardjo, H. S., & Tutuko, B. (2018). ANALISA KEMAMPUAN TENAGA KERJA KONSTRUKSI DENGAN DAN TANPA MEMILIKI SERTIFIKAT KEAHLIAN KERJA (SKA) DI KOTA SEMARANG. Teknika, 13(1), 42-51.

Salahudeen, A., & Sadeeq, J. (2017). Investigation of shallow foundation soil bearing capacity and settlement characteristics of Minna City Centre development site using Plaxis 2D software and empirical formulations. Nigerian Journal of Technology, 36(3), 663-670.

Setyowati, E., Maulidiyah, I., Arif, M., Faridatussalam, M. R., Bachtiar, H., Rohmatin, R. R., & Asliyana, M. (2022). Pendampingan Digital Marketing SD Muhammadiyah Program Khusus Baturan Menuju Branding Sekolah Berkarakter. Abdi Psikonomi, 10-20.

Tika, M. F., Saputra, G. D., Fredianto, F., & Anggoro, D. A. (2020). Pengembangan Situs Web sebagai Media Informasi dan Promosi Menggunakan Framework CodeIgniter 3 (Studi Kasus KSU Mandiri Sukses UMS). Abdi Teknoyasa, 22-26.

Tong¹, X., & Tang, H. (2019). Plaxis Finite Element Modeling And Analysis Of Soil Nailing Support For Deep Foundation Pit. The Frontiers of Society, Science and Technology, 1(3).

Published

2022-12-21
Abstract viewed = 69 times