EDUKASI LANGKAH MENCUCI TANGAN PADA ANAK USIA SEKOLAH
DOI:
https://doi.org/10.36085/jpmbr.v5i3.2934Abstract
Permasalahan perilaku kesehatan pada anak usia sekolah biasanya berkaitan dengan kebersihan perorangan salah satunya kebiasaan mencuci tangan. Anak sekolah sangat rentan terhadap penyakit. Perlu adanya peningkatan pengetahuan dan pemahaman pada remaja terutama tentang perilaku kebiasaan menjaga kebersihan diri. Pendidikan kesehatan menjadi langkah dalam mewujudkan penerapan perilaku bersih dan sehat. Pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat dilaksanakan di Sekolah Dasar Negeri 42 Kota Bengkulu. Kegiatan pengabdian dilakukan pertama dengan melakukan koordinasi kepada pihak sekolah, observasi mengenai kebiasaan perilaku PHBS siswa diketahui dari orbservasi bahwa siswa jarang mencuci tangan setelah beraktivitas, dan hanya menggunakan air saja, pengabdian dilanjutkan dengan penyampaian materi edukasi, praktik langsung dan senam bersama. Hasil setelah memberikan edukasi kesehatan tentang pentingnya mencuci tangan, langkah-langkah cuci tangan serta senam cuci tangan kegiatan berjalan dengan lancar, siswa mendengarkan apa yang disampaikan dan antusias dalam mengikuti setiap kegiatan. Adanya peningkatan pengetahuan, pemahaman dan motivasi siswa untuk mempraktikkan langkah cuci tangan dengan baik dan benar, siswa mampu memberikan jawaban yang tepat mengenai pentingnya mencuci tangan saat sesi tanya jawab.
Kata Kunci: Cuci Tangan, Anak Usia Sekolah
References
Indrayani, E., Mutoharoh, S., & Asti, A. D. (2019). Metode Senam Cuci Tangan Menurut UICEF Pada Anak Usia Prasekolah di Kecamatan Puring. The 9 th University Research Colloqium 2019 Universitas Muhammadiyah Purworejo, 52–61.
Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2020). Panduan Cuci Tangan Pakai Sabun. In Unicef (hal. 34). https://kesmas.kemkes.go.id/assets/upload/dir_519d41d8cd98f00/files/Panduan_CTPS2020_1636.pdf
Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2021). Profil Kesehatan Indonesia 2020. In Kementrian Kesehatan Republik Indonesia. Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. https://pusdatin.kemkes.go.id/resources/download/pusdatin/profil-kesehatan-indonesia/Profil-Kesehatan-Indonesia-Tahun-2020.pdf
Kwureh, H. N. (2016). Hubungan Jenis Kelamin, Pengetahuan, Sikap dan Peran Guru Dengan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat Pada Siswa SD Negeri 25 Begori Kecamatan Serawai Kabupaten Sintang. Jurnal Ilmiah Ilmu Kesehatan: Wawasan Kesehatan, 2(2), 61-75.
Madanih, R., Anjari, S. D., & Mutholib, A. (2019). Penyuluhan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) dengan 7 langkah cara mencuci tangan yang efektif di Sekolah Paud Mawar Kelurahan Sawah Baru, Ciputat, Tanggerang Selatan. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ, 24 September, 1–6. http://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaskat
Ningrum, S., Sulistyorini, L., & Septiyono, E. A. (2021). Explorasi Perilaku Mencuci Tangan Anak Usia Sekolah Dalam Pencegahan Infkesi Covid-19 Di Banyuwangi, Jawa Timur. Jurnal Ilmu Keperawatan dan Kebidanan, 12(2), 200-207. ttp://dx.doi.org/10.26751/jikk.v12i2.910
Notoatmodjo, S. (2012). Pendidikan dan Ilmu Perilaku Kesehatan. Rineka Cipta.
Nurvinanda, R., & Anggraini, R. B. (2021). Skrining Kesehatan Pada Anak Usia Sekolah Di Sdn 19 Mendobarat. Jurnal Kreativitas Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM), 4(01), 66–70. https://scholar.archive.org/work/lyjoerjc25g3xaxielo6w3o3wu/access/wayback/http://ejurnalmalahayati.ac.id/index.php/kreativitas/article/download/2892/pdf
Oktarianita, O., Nurhayati, N., & Amin, M. (2021). Edukasi Kesehatan Remaja. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bumi Rafflesia, 4(2), 564–573. https://doi.org/https://doi.org/10.36085/jpmbr.v4i2.1509
Padila P, Andri., J., Harsismanto., Andrianto., M. B., & Admaja., R. D. (2020). Pembelajaran Cuci Tangan Tujuh Langkah Melalui Metode Demonstrasi Pada Anak Usia Dini. Journal of Telenursing (JOTING), 2(2), 112–118. https://doi.org/https://doi.org/10.31539/joting.v2i2.1395
Permenkes RI Nomor 3. (2014). Permenkes No. 3 tahun 2014 tentang Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (Vol. 3). https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/116706/permenkes-no-3-tahun-2014
Pratiwi, B., Oktarianita, O., Febriawati, H., Wati, N., & Kartini, N. (2021). Pendidikan Kesehatan terhadap Personal Higiene Santri. Jurnal Kesmas Asclepius, 3(1), 17-24. https://doi.org/https://doi.org/10.31539/jka.v3i1.2379
Rizkia, A. W., Putra, A. E., & Nurhayati, N. (2020). Perbandingan Persentase Eliminasi Bakteri pada Cuci Tangan Enam Langkah dan Empat Langkah. JIKESI Jurnal Ilmu Kesehatan Indonesia, 1(2), 214–220. https://doi.org/10.25077/jikesi.v1i2.152
Sartika A., Oktarianita O, & Padila P. (2021). Penyuluhan Terhadap Pengetahuan Remaja Tentang PKPR. Journal of Telenursing (JOTING), 3(1), 171–176. https://doi.org/https://doi.org/10.31539/joting.v3i1.2192
Suharti, S. (2020). Pendidikan Kesehatan Tentang 6 Langkah Cuci Tangan di PAUD Sayap Ibu Bandar Lampung. ANDASIH Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 1(2), 1–6. http://jurnal.umitra.ac.id/index.php/ANDASIH/article/view/437
Syantut, K. A. (2018). Mendidik Buah Hati di Rumah dalam Rumahku Madrasah Pertamaku, terj. Iman Martin. Maskana Media.
Wu, S., Wang, R. S., Huang, Y. N., Wan, T. T., Tung, T. H., & Wang, B. L. (2022). Effect of Hand Hygiene Intervention in Community Kindergartens: A Quasi-Experimental Study. International Journal of Environmental Research and Public Health, 19(22), 14639.https://doi.org/10.3390/ ijerph192214639
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Jurnal Pengabdian Masyarakat Bumi Raflesia

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.