PENGARUH CELEBRITY ENDORSER, DAYA TARIK IKLAN, DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK KOSMETIK Y.O.U

Authors

  • Venty Saroh Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Eti Arini Universitas Muhammadiyah Bengkulu

Abstract

This study aims to 1) The influence of celebrity endorsers on purchasing decisions at the Cosmetics Store of Saudara Disva Manna Bengkulu Selatan. 2) The influence of the attractiveness of advertising on purchasing decisions at the Cosmetics Store of Saudara Disva Manna Bengkulu Selatan. 3) The effect of product quality on purchasing decisions at the Cosmetics Store of Saudara Disva Manna Bengkulu Selatan. 4) The influence of celebrity endorsers, advertising attractiveness and product quality on purchasing decisions at the Cosmetics Stores of Saudara Disva Manna Bengkulu Selatan. This type of research is a quantitative approach. The method used in this research is descriptive method. The population in this study were all consumers at the Kosmetik Stores Saudara Disva Manna Bengkulu Selatan, a sample of 120 people. Based on the results of research on the Effect of Celebrity Endorser, Ad Attractiveness, and Product Quality on Purchase Decisions for YOU Cosmetics (Case Study of Sister Cosmetics Store Disva Manna Bengkulu Selatan 1) Celebrity endorser (X1) has an effect on purchasing decisions of YOU cosmetics (Y) Your cosmetic shop Disva with a tsig value of 0.000 thus Ho is rejected and Ha is accepted, which means that the X1 variable affects consumer purchasing decisions (Y). 2) The attractiveness of advertising (X2) affects the decision to purchase cosmetics Y.O.U (Y) Kosmetik Brothers Disva with a tsig value of 0.001 thus Ho is rejected and Ha is accepted.

Keywords: Celebrity Endorser, Ad Attractiveness, Quality, Decision

References

Ady, S. U. (2018). Kualitas Produk Sebagai Variabel Pemicu Utama Keputusan Pembelian Susu Formula SGM Eksplore di Kota Surabaya. Ekspektra: Jurnal Bisnis dan Manajemen, 2(1), 29-43.

Alma, Buchari. (2013). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.

Aryandi, J., (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Cafe Wareg Bengkulu. Jurnal Manajemen Modal Insani Dan Bisnis (Jmmib), 1(1), 117-127.

Buchari, Alma. (2017). Manajemen Corporate dan Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Buchory, Achmad Herry & Saladin Djaslim. (2010). Manajemen Pemasaran. Edisi Pertama. Bandung: Linda Karya.

Dewa, C. B. (2018). Pengaruh celebrity endorser terhadap keputusan pembelian wisatawan Yogyakarta pada produk oleh-oleh Jogja Scrummy. Jurnal Manajemen, 8(1), 1-9.

Dianti, N. R., & Paramita, E. L. (2021). Daya tarik iklan dan Keputusan Pembelian Konsumen Muda. Jurnal Samudra Ekonomi dan Bisnis, 12(1), 130-142.

Echdar Saban. (2017). Metode Penelitian Manajemen dan Bisnis. Bogor: Ghalia Indonesia

Ekowati, S., Yulinda, A. T., & Megawati, M. (2022). Dampak Digital Marketing, Brand Image Dan Relationship Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Lina Ms Glow Kota Bengkulu. Creative Research Management Journal, 5(2), 10-19.

Fariza, Diana. (2017). “Analisis Faktor-Faktor yang mempengaruhi Kepuasan Pelanggan Terhadap Kepuasan Pelanggan GSM Indosat di Kota Semarang”, Skripsi Tidak Dipublikasikan, Universitas Diponegoro, Semarang.

Fransisca, (2016). Pengaruh citra merek terhadap minat beli (survei pada mahasiswa Universitas Brawijaya yang menggunakan pasta gigi pepsodent). Jurnal Administrasi Bisnis, 25(1).

Gerung, C. J., Sepang, J., & Loindong, S. (2017). Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Nissan X-Trail Pada Pt. Wahana Wirawan Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 5(2).

Handoko, R. (2020). Pengaruh Kualitas ProdukDan Daya Tarik Iklan Terhadap Keputusan Pembelian Di StarbucksCoffee (Studi Kasus Di Fakultas Ekonomi Dan BisnisJurusanManajemen Pemasaran) (Doctoral dissertation, UMSU).

Haris, D. (2019). Kualitas dan Desain Produk Dalam Meningkatkan Kepuasan dan Keputusan pembelian Konsumen (Studi Kasus Baju Dagadu Yogyakarta). At-Tasyri': Jurnal Ilmiah Prodi Muamalah, 21-41.

Imanullah, M., Toyib, R., Hidayat, M. T., Wahyudi, I., Abimanyu, A., & Susanto, A. (2021). Pengenalan Website Sekolah Dasar Muhammmadiyah 1 Unggulan Dalam Rangka Meningkatkan Mutu Pembelajaran Dan Promosi Sekolah. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bumi Raflesia, 4(1), 483-492.

Khanza, M., Toyib, R. T., (2021). Implmentasi Algoritma Apriori Untuk Meningkatkan Penjualan Handphone di Toko Mardha Cell. JSAI (Journal Scientific and Applied Informatics), 4(2), 221-235.

Kotler, Philip; Armstrong, Garry, (2017). Prinsip-prinsip Pemasaran, Jilid 1, Erlangga, Jakarta.

Kuncoro, Mudrajat. (2013). Mudah Memahami & Menganalisis Indikator Ekonomi. Yogyakarta : UPP STIM YKPN.

Lohonusa, A. I., & Mandagie, Y. (2021). Analisis Pengaruh Brand Image, Brand Trust Dan Viral Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Produk Sepatu “Converse” Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Sam Ratulangi Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 9(4), 511-520.

Mauliza, P. (2020). Pengaruh Daya tarik iklan, Green Advertising Dan Green Brand Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Produk Tupperware Di Smpn Beureunuen. Jurnal Ilmiah Simantek, 4(3), 189-197.

Munandar, J. A., (2021). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Nasabah Menabung Di Bank Sumsel Babel Kcp Tanjung Sakti. (Jems) Jurnal Entrepreneur Dan Manajemen Sains, 2(1), 43-52.

Muntahanah, M., & Toyib, R. (2020). Penerpan Algoritma Binary Search Dalam Pencarian Data Potensi Investasi Di Kabupaten Seluma Dengan Smartphone. Jsai (Journal Scientific And Applied Informatics), 3(3), 129-136.

NS.Kasiati & Ni Wayan Dwi Rosmalawati. (2016). Kualitas Produk Dasar Manusia, Jakarta : Kemenkes RI

Nuraini, A. (2015). Pengaruh celebrity endorser dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian melalui citra merek pada kosmetik wardah di kota Semarang (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Semarang).

Rahmat, I. (2018). Pengaruh Harga, Kualitas Produk, Lokasi Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Keripik Cinta Air Hitam Langkat (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara).

Rahmawati, R., & Onsardi, O. (2022). Korelasi Mutu Pelayanan Dengan Impulse Buying Konsumen UD. Mantan Karyawan Kota Bengkulu. In Prosiding Seminar Nasional Business Corporate (Vol. 1, No. 1, Pp. 23-29).

Ramadhana, I. A. A., Hidayat, Z., & Irwanto, J. (2020). Kombinasi Celebrity endorser dan Daya tarik iklan terhadap Keputusan Pembelian Tupperware (Studi Kasus pada Persit Kodim 0821 Lumajang). Jobman: Journal of Organization and Bussines Management, 3(1), 42-47.

Salim, M., & Bachri, S. (2014). Pengaruh Celebrity Endorser terhadap Keputusan Pembelian Produk di Indonesia (Penelitian Online). Jurnal Aplikasi Manajemen, 12(2), 230-238.

Sangadji, Etta Mamang dan Sopiah. (2013). Perilaku Konsumen. Yogyakarta: Andi.

Sapitri, L., & Onsardi, O. (2021). The Effect of Brand Image and Product Quality toward Wardah Cosmetics Consumers’ Loyalty as A Study on Students Management Study Program, Faculty of Econom ics and Business, Muhammadiyah University of Bengkulu. Jurnal Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi Review, 1(2), 139-146.

Saragih, R. (2018). Pengaruh process dan physical evidence terhadap minat beli konsumen dengan price Konsumen sebagai variabel moderating (studi kasus ayam penyet Rahmad jalan Letda Sujono Bandar Selamat) (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sumatea Utara Medan).

Sonatasia, D., & Arini, E. (2020). Strategi Meningkatkan Loyalitas Konsumen Makanan Khas Kota Curup Kabupaten Rejang Lebong. (Jmmib) Jurnal Manajemen Modal Insani Dan Bisnis, 1(1).

Stanton, William J. (2016). Fundamentals Of Marketing, Seventh Edition, Mc. Graw-Hill, Inc.

Sukmawati, N., & Ekasasi, S. R. (2020). Pengaruh Gaya Hidup, Kualitas Produk, dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Produk Makanan Sehat Soyjoy. Cakrawangsa Bisnis: Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 1(1), 17-28.

Sumarwan, Ujang. (2013). Perilaku Konsumen: Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran, Cetakan Pertama. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Tjiptono, Fandy. (2016). Strategi Pemasaran, edisi kedua, cetakan ketujuh, Yogyakarta: Andi Offset.

Toyib, R., & Muntahanah, M. (2020). Promosi Produk Pertanian Dan Kerajinan Menggunakan Website Serta Pembukuan Sederhana di Desa Sido Dadi Kecamatan Arma Jaya Kabupaten Bengkulu Utara. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bumi Raflesia, 3(1).

Tumbel, A. L., & Van Rate, P. (2015). Pengaruh Bauran Pemasaran terhadap Keputusan Pembelian di Pasar Tradisional (Studi Pada Pasar Tradisional di Kota Manado). Jurnal LPPM Bidang EkoSosBudKum, 2(2), 60-72.

Umar, Husein. (2012). Riset Pemasaran dan Perilaku Konsumen. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Vilda, S. (2021). Pengaruh Daya Tarik Iklan dan Celebrity Endorser terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Usaha Kecil Menengah (UKM) Produk Pakaian di Pineappleshopy Surabaya (Doctoral dissertation, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya).

Walukow, A. L. P., & Mananeke, L. (2014). Pengaruh kualitas produk, harga, promosi dan lokasi terhadap keputusan Pembelian konsumen Di Bentenan Center Sonder Minahasa. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 2(3).

Wulandari, K., Finthariasari, M., & Yulinda, A. T. (2021). Impact Of Service Marketing On Student Decisions. JBMP (Jurnal Bisnis, Manajemen dan Perbankan), 7(2), 234-254.

Yulistiani, D. E., Rachma, N., & Hufron, M. (2019). Pengaruh Daya Tarik Iklan dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian dengan Brand Image Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Ilmiah Riset Manajemen, 8(15).

Downloads

Published

2023-05-19

Issue

Section

Articles
Abstract viewed = 273 times