Analisis Personal Branding Selebgram di Sosial Media Instagram (Studi Deskriptif Kualitatif Pada Akun Instagram @dindamaulinaaa )

Authors

  • Melly Eka Karina Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.36085/madia.v1i1.3033

Abstract

Personal branding adalah identitas pribadi individu yang mampu menciptakan respon emosional orang lain terhadap kualitas dan nilai yang dimiliki individu dan cara untuk membangun merek atas diri seseorang. Dinda Maulina merupakan contoh personal branding yang sukses di internet melalui media sosial instagramnya. Dinda merupakan selebgram dan influencer dibidang fashion. Berdasarkan latar belakang tersebut, peneliti tertarik untuk menganalisis bagaimana personal branding yang dilakukan Dinda Maulina melalui instagram nya berdasarkan delapan konsep utama personal branding (the eight laws of personal branding)  dan karakteristik personal branding yang kuat. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang menggunakan data-data sekunder yang bersumber dari tulisan yang dipublikasikan di instagram (@dindamaulinaaa) dan publikasi-publikasi lainnya yang berisi wawancara dengan Dinda. Untuk menganalisis hasil penelitian, peneliti melakukan proses kategorisasi untuk  mendeskripsikan informasi yang diperoleh dan menganalisis hasil penelitian dengan kajian pustaka. Berdasarkan atas hasil penelitian, personal branding Dinda Maulina melalui instagram nya memenuhi keseluruhan 8 konsep utama personal branding dan karakteristik personal brand yang kuat.

Kata kunci: Personal branding, selebgram, influencer, Dinda Maulina

References

DAFTAR PUSTAKA

Buku

Brown, N. (2014). How to Brand Your Personal Profile? A story of personal branding. Nashitf.

Cantrice, D. (2013). You! Branding Yourself for Success. Regal Innovations.

Erik Deckers, K. L. (2012). Branding Yourself: How to Use Social Media to Invent or Reinvent Yourself. Indianapolis: Que Publishing.

Hood, T. (2006). Personal Brandwagon. Ecademy Press.

John Dvorak, C. P. (2004). Online!: The Book. Upper Saddler River, New Jersey: Prentice Hall Professional.

McNally, D., & Speak, K. D. (2012). Be Your Own Brand: Achieve More of What You Want by Being More of Who You Are. San Francisco: Berrett-Koehler Publishers.

Peter Montoya, T. V. (2002). The Personal Branding Phenomenon: Realize Greater Influence, Explosive Income Growth and Rapid Career Advancement by Applying the Branding

Techniques of Michael, Martha & Oprah. Peter Montoya Incorporated.

Peter Montoya, T. V. (2008). The Brand Called You: Make Your Business Stand Out in a Crowded Marketplace. New York: McGraw Hill Professional.

Peter Montoya, T. V. (2008). The Brand Called You: Make Your Business Stand Out in a Crowded Marketplace. New York: McGraw Hill Professional.

Rampersad, H. K. (2009). Authentic Personal Branding: A New Blueprint for Building and Aligning a Powerful Leadership Brand. Charlotte, NC: Information Age Publishing Inc.

Schawbel, D. (2015). Me 2.0: 4 Steps to Building Your Future. New York: Diversion Books.

Solove, D. J. (2007). The Future of Reputation: Gossip, Rumor, and Privacy on The Internet. New Haven, CT: Yale University Press.

Spector, J. M. (2015). The SAGE Encyclopedia of Educational Technology. New York: SAGE Publications.

Stephen Quinn, S. L. (2012). Online Newsgathering: Research and Reporting for Journalism. Boca Raton, FL: CRC Press.

Subur, J. (2011). Employee Revolution. Depok: Penebar Swadaya Group.

Sutrisna, E. (2010). 12 Jurus Jitu Meroketkan Bisnis. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

William Arruda, K. D. (2010). Career Distinction: Stand Out by Building Your Brand. New York: John Wiley & Sons.

Yan, Z. (2012). Encyclopedia of Cyber Behavior. Hershey: IGI Global.

Internet

Databoks.com. (2018). Berapa Pengguna Instagram dari Indonesia? - Databoks. Retrieved August 27, 2018, from https://databoks.katadata.co.id/datapublish/201 8/02/09/berapa- pengguna-instagram-dariindonesia#

O'Brien, T. (2007). Sior Professional Report Archive. Diakses 25 September 2016, dari SIOR:

http://www.sior.com/resources/sior-report/professional-report-archive/professional reportarchive-past-print-issues

Ghodeswar, B. M. (2008). Building brand identity in competitive markets: a conceptual model.

Journal of Product & Brand Management, 17(1), 4-12.

Sutedja, N. (2012). Pentingkah Bisnis Untuk Perusahaan Kecil? Majalah Akses Edisi ke-20: Mengejar Peluang Pasar dari asia Pasifik hingga Afrika, p. 26

Downloads

Published

2022-01-25

Issue

Section

Articles
Abstract viewed = 1245 times