Nilai Moral Dala Novel Hujan Karya Tere Liye

Authors

  • Loliek Kania Atmaja Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Mardan Mardan
  • Lidia Sugandi

Abstract

Abstrak

Sastra adalah suatu bentuk dan hasil pekerjaan seni kreatif yang obyeknya adalah manusia dan kehidupannya dengan menggunakan bahasa sebagai mediumnya. Karya sastra adalah karya seni yang di ungkapkan oleh pemikiran dan perasaan manusia dengan keindahan bahasa, karena itu karya sastra mempunyai sifat yang sama dengan karya seni yang lain. Karya sastra diciptakan untuk dinikmati, dipahami, dan dimanfaatkan oleh masyarakat.Selain itu, karya sastra juga menjadi sarana penanaman nilai moral. Karya  sastra  menampilkan gambaran  kehidupan, dan kehidupan itu sendiri adalah suatu kenyataan sosial yang mencakup hubungan  antar manusia, antar peristiwa yang terjadi dalam kehidupan. Adanya nilai moral dalam karya sastra diharapkan mampumemunculkan nilai-nilai positif bagi pembaca, sehingga pembaca peka terhadap masalah-masalah yang berkaitan dengan kehidupan sosial dan mendorong untuk berprilaku baik, masalah yang ingin di angkat dalam penelitian ini adalah(1) Bagaimanakah bentuk-bentuk nilai moral baik dalam novel Hujan karya Tere Liye ? (2) Bagaimanakah bentuk-bentuk nilai moral buruk dalam novel Hujan karya Tere Liye ?. Dengan mengacu pendekatan struktural, metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif analitik. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dalam novel Hujan karya Tere Liye dapat disimpulkan bahwa novel tersebut tersebut terdapat nilai-nilai moral baik dan nilai-nilai moral buruk.Menurut Nurgiyantoro (2013:429-430), nilai moral baik meliputi keimanan, penolong, pantang menyerah, kejujuran, tanggung jawab, bekerja keras, kebahagiaan, dan menerima.Sedangkan moral buruk meliputi bohong dan jahat. Dari hasil pembahasan tersebut dapat ditemukan : 1. Bentuk nilai moral Baik : 1) moral keimanan ada 3 data, 2) moral penolong ada  24 data,  3) moral pantang menyerah 10  data, 4) moral kejujuran 10 data, 5) moral bertanggung jawab 4 data, 6) moral bekerja keras 14 data, 7) moral kebahagiaan 22 data, dan 8) moral menerima 11 data. 2. Bentuk nilai moral buruk : 1) moral bohong 3 data, 2) moral jahat 16 data. Untuk nilai moral baik yang paling mendominan adalah nilai moral penolong. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, penulis menyampaikan saran, sebagaiberikut : a) Kepada pembaca novel, hendaknya dapat meneladani nilai moral baik dalam novel Hujan karya Tere Liye ini sebagai ajaran kebaikan dan contoh dalm menjalani hidup. b) Kepada peneliti lain yang berencana akan meneliti novel ini, lebih baiknya untuk memperluas cakupan pada aspek-aspek yang lain dan memperdalam penelitian bentuk nilai moral yang berbeda dalam novel Hujan karya Tere Liye ini.

Kata Kunci : Nilai Moral, Novel Hujan

References

DAFTAR PUSTAKA

Aminuddin. 2009. Pengantar Apresiasi Karya Sastra. Bandung: Sinar Baru Algedindo.

.2010. Pengantar Apresiasi Karya Sastra. Bandung: Sinar Baru Algedindo.

Arikunto, Suharsimi. 2006. Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Bumi Aksar.

Atar, Semi. 1998. Anatomi Sastra. Padang: Angkasa Raya.

Elyusra, 2010. Diktat Mata Kuliah Kritik Sastra. Tidak dipublikasikan: FKIP UMB

Kosasih. 2012. Dasar-Dasar Keterampilan Bersastra. Bandung: Yrama Widya

Liye, Tere. 2016. Hujan. 2016. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama

Moleong, Lexy J. 2014. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya

Mushodah, Umi. 2018. Nilai-Nilai Moral Dalam Novel Surat Kecil Untuk Tuhan “The Story Of Life†Karya Agnes Davonar. Universitas Muhammadiyah Bengkulu. Skripsi tidak diterbitkan.

Muplihun, Endra. 2016. Nilai Moral Dalam Dwilogi Novel Samandan Lawung Karya Ayu Utami. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.Vol 1(2):56-64.

Nurgiyantoro, Burhan. 2005. SastraAnak. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press

Nurgiyantoro,Burhan.2009.Teori Pengkajian Fiksi.Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

.2010.Teori Pengkajian Fiksi.Yogyakarta: GadjahMada University Press.

.2013.Teori Pengkajian Fiksi.Yogyakarta: Gadjah Mada University Press

.2015.Teori Pengkajian Fiksi.Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Nugroho, Prasetyo, Bagas. 2017. Niai Moral Dalam Novel Suminar Karya Tiwiek SA. Vol 11(01):19-29.

Priyatni. 2010. Membaca Sastra dengan Ancangan Literasi Kritis. Jakarta: PT Bumi Aksara

Ratna, Kutha Nyoman. 2012. Teori, Metode, dan Teknik Penelitian Sastra. Yogyakarta : Pustaka Pelajar

Tarigan, Henry Guntur. 2015. Prinsip-Prinsip Dasar Sastra. Bandung: Angkasa

Ulantari, Elsa. 2019. Nilai Moral Dalam Novel Hijab Traveller Love Sparks In Koreakarya Asma Nadia. Universitas Muhammadiyah Bengkulu. Skripsi tidak diterbitkan.

Zuriah, Nurul. 2008. Pendidikan Moral & Budi Pekerti dalam Perspektif Perubahan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Downloads

Published

2020-06-30
Abstract viewed = 300 times