PEMBELAJARAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA BERBASIS DIGITAL DALAM MEMBINA KARAKTER SISWA

Authors

  • Syanurdin - Syanurdin Universitas Prof. Dr. Hazairin, S.H. Bengkulu

Abstract

Abstrak

Di era digital menuntut guru untuk bermetamorfosis dari guru biasa menjadi  guru yang luar biasa. Guru yang bukan saja melek  teknologi, memiliki pengetahuan luas dan kecakapan/keterampilan  tinggi di bidang yang diajarkannya, melainkan juga memiliki kemampuan memilih  dan menggunakan metode atau strategi pembelajaran, sekaligus memerankan diri  sebagai model untuk menginspirasi siswa (Suwandi, 2013). Era ini dipercaya akan mengalami perubahan yang fundamental, tanpa terkecuali dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia.  Pembelajaran harus merujuk  pada 4 karakter belajar abad 21, yaitu: berpikir kritis dan pemecahan masalah, kreatif dan inovasi, kolaborasi, dan komunikasi. Untuk itu dibutuhkan sosok guru yang terbuka, adaptik, dan akomodatif sekaligus  mampu menciptakan atmosfir  belajar yang menantang dalam membina karakter siswa.

 

Kata kunci: Pembelajaran bahasa berbasis digital dalam

                    membina karakter siswa

Author Biography

Syanurdin - Syanurdin, Universitas Prof. Dr. Hazairin, S.H. Bengkulu

References

DAFTAR PUSTAKA

Arend, R. I. 2008. Learning To Teach, Belajar untuk Mengajar (Helly Prajitno Soetjipto dan Sri Mulyantini Seotjipto, penerjemah). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Achmad HP. 2010. Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia dalam Rangka Pembangunan Karakter Bangsa. Jakarta: PPS UNJ Jakarta.

Brown, H.D. 2000. Principle of Language Learning and Teaching, Fouth Edition. Englewood Cliffs, NJ: Prentice Hall Regent.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 68 Tahun 2013 tentang Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah.

Suwandi, S. 2013. Peran Guru Bahasa Indonesia yang Inspiratif untuk Mewujudkan Perserta didik Berkarakter. Dalam Saddhono, K. Et.al (ed.) Proceeding Seminar Internasional PIBSI XXXV (hlm. 1—10). Surakarta: Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP-UNS.

--------------. 2018. Peran Guru dalam Mengimplementasikan Pembelajaran Bahasa Indonesia. Makalah dipresentasekan pada Seminar Nasional Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya. Diselenggarakan Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Bali.

Syanurdin. 2014. Bahasa Indonesia dan Pembinaan Karakter Bangsa. Orasi Ilmiah Disampaikan pada Pengukuhan Guru Besar Bidang Ilmu Bahasa Indonesia. Bengkulu: UNIHAZ, 17 November 2014.

Sufanti, Main. 2019. Pembelajaran Berbasis Teknologi Digital. Suara Merdeka. com Senin, 7 Oktober 2019.

Makarim, Nadiem .2019. Merdeka Belajar. Media Pendidikan. Mendikbud RI Sabtu, 30 November 2019).

Trimansyah, Bambang. 2019. Modul Literasi Menulis. Jakarta: Pusat Pembinaan Bahasa dan Sastra Badan Pengembangan Bahasa dan Perbukuan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

Downloads

Published

2020-06-30
Abstract viewed = 296 times