TINDAK TUTUR PERLOKUSI BAHASA MELAYU BENGKULU DI KELURAHAN PASAR BENGKULU
DOI:
https://doi.org/10.36085/lateralisasi.v13i02.7605Abstract
Bahasa merupakan salah satu alat komunikasi, melalui bahasa manusia dapat saling berhubungan (berkomunikasi) saling berbagi pengalaman, saling belajar dari yang lain, dan meningkatkan kemampuan intelektual. Di dalam komunikasi, dapat diasumsikan bahwa seseorang penutur mengartikulasi tuturan dengan maksud untuk menginformasikan sesuatu . Permasalahan dalam penelitian ini adalah apa saja jenis tindak tutur perlokusi Bahasa Melayu Bengkulu di Kelurahan Pasar Bengkulu. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan apa saja jenis tindak tutur perlokusi Bahasa Melayu Bengkulu di Kelurahan Pasar Bengkulu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif, dalam penelitian ini kata sapaan yang digunakan penutur bahasa Rejang dan sumber data adalah informan. Dengan penelitian ini peneliti mengumpulkan data, menganalisis data serta mengumpulkan hasil analisis tentang jenis tindak tutur perlokusi Bahasa Melayu Bengkulu di Kelurahan Pasar Bengkulu secara lengkap dan rinci. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik simak dan rekam. Hasil penelitian yang diperoleh 1) Tindak tutur perlokusi bahasa Melayu Bengkulu di Kelurahan Pasar Bengkulu meliputi tindak tutur perlokusi refresentatif, direktif, ekspresif, komisif dan deklarasi, 2) Banyak nya tuturan yang dituturkan oleh warga Pasar Bengkulu berjumlah 9 tuturan tindak tutur perlokusi representatif, 11 tindak tutur perlokusi direktif, 11 tindak tutur perlokusi ekspresif, 10 tindak tutur perlokusi komisif, dan 9 tindak tutur perlokusi deklarasi.
References
Akhmad, S. (2019). Teori Tindak Tutur dalam Studi Linguistik Pragmatik. LITE Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Budaya, 15(Maret), 1–16.
Andini, H. M. (2017). Jenis-Jenis Tindak Tutur Dan Makna Pragmatik Bahasa Guru Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Sma Negeri 1 Karangreja Kabupaten Purbalingga Tahun Ajaran 2016/2017. FKIP Universitas Sanata Dharma, i–175.
Antari, W. Y., & Satyawati, M. S. (2017). Analisis Penggunaan Kalimat Bahasa Indonesia pada Karangan Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri 10 Sanur, Denpasar. Jurnal Humanis, 21(1), 46–51. https://ojs.unud.ac.id/index.php/sastra/article/view/35643/21481.
Ariani, S., Asmarany, A., Herawati, E., Ririn, R., & Watini, S. (2023). Implementasi Model SIUUL dalam Mengembangkan Kemampuan Bercerita Menggunakan Boneka Tangan. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(6), 3752–3757. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i6.2089.
Aryani, E., Kirani, D., Yulianti, E., Cahya, W., & Rosadi, N. (2023). Analisis Tindak Tutur Perlokusi pada Kolom Komentar Akun Gosip Lambe Turah. Propaganda, 3(1), 24–33. https://doi.org/10.37010/prop.v3i1.1143.
Bala, A. (2022). Kajian Tentang Hakikat, Tindak Tutur, Konteks, dan Muka Dalam Pragmatik. Retorika: Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia, 3(1), 36–45. https://doi.org/10.37478/rjpbsi.v3i1.1889.
Diani, I., Fatra, Q., Lestari, D. A., & Hasanah, J. (2023). Analisis Komponen Makna Kata Kerja Kasar Bahasa Melayu Bengkulu Serta Dampaknya Bagi Pembentukan Karakter Siswa. Wacana: Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra Dan Pengajaran, 21(1), 70–76. https://doi.org/10.33369/jwacana.v21i1.28152.
Fakhriyah, F. N. (2020). Analisis Tindak Tutur Dalam Novel Perempuan Berkalung Sorban Karya Abidah El Khalieqy. ARBITRER: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2(2), 273–282. https://doi.org/10.30598/arbitrervol2no2hlm273-282.
Hervianty, N., Hartati, D., & Syafroni, R. N. (2022). Ragam implikatur percakapan, Bahasa Indonesia, guru SD, Kabupaten Cirebon. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 707–714.
Insani, E. N., & Sabardila, A. (2016). Tindak Tutur Perlokusi Guru Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas Xi Smk Negeri 1 Sawit Boyolali. Jurnal Penelitian Humaniora, 17(2), 176. https://doi.org/10.23917/humaniora.v17i2.2509
Downloads
Published
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.