MAKSIM-MAKSIM KESANTUNAN BERBAHASA DALAM INTERAKSI SOSIAL SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 21 KOTA BENGKULU TAHUN AJARAN 2023/2024

Authors

  • sintya anggraini Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Mahdijaya Universitas Muhammadiyah Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.36085/lateralisasi.v13i02.7603

Abstract

Maksim-maksim Kesantunan Berbahasa dalam Interaksi Sosial   Siswa: Analisis Berdasarkan Teori Kesantunan Prinsip Leech. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Bengkulu. Pembimbing Drs. Mahdijaya,M.Pd.

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penggunaan kesantunan berbahasa dalam interaksi sosial siswa menggunakan kerangka teori kesantunan prinsip Leech. Fokus utama penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi dan menjelaskan strategi kesantunan bahasa yang digunakan siswa dalam konteks interaksi sehari-hari di sekolah.

Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi dengan siswa yang berasal dari berbagai latar belakang sosial dan budaya. Data dianalisis menggunakan teknik analisis isi untuk mengidentifikasi pola penggunaan ujaran yang bersifat kesantunan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa menggunakan berbagai strategi kesantunan bahasa yang sesuai dengan prinsip Leech, seperti menggunaan maksim kebijaksanaan,kedermawanan,kemufakatan,penghargaan,kesederhanaan,kesimpatian. Implikasi dari penelitian ini adalah pentingnya pendidikan kesantunan bahasa dalam kurikulum sekolah untuk membantu siswa memahami dan menggunakan bahasa dengan efektif dalam berbagai situasi sosial.

Penelitian ini memberikan kontribusi teoretis dengan memperluas pemahaman tentang penerapan teori kesantunan prinsip Leech dalam konteks interaksi sosial siswa, serta implikasi praktis untuk pengembangan strategi pembelajaran yang lebih baik dalam pendidikan bahasa.

References

Basuki, Rahmat. 2015. Kesantunan Berbahasa dalam Wacana Interaksi Komunikasi di Lingkungan

Citrawati,Dewi. 2022. Wujud Kesantunan Berbahasa Verbal dan Nonverbal dalam Interaksi Sosial di PPQ Al Amin Pabuwaran: Kajian Sosiopragmatik. Universitas Bengkulu. bahtera: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 14(1), 16-25.

Hamzah, Zaitul.2017. Penggunaan Strategi Ketidaksantunan dalam Kalangan Remaja di Sekolah. Jurnal Linguistik 16, 62-74

Hadiwijaya, Malik. 2017. Kesantunan Berbahasa dalam Interaksi Antara Dosen dan Mahasiswa Multikultural. Didaktika: Jurnal Pemikiran Pendidikan, 23(2), 142-154.

Halawa, Nasution. 2019. Kesantunan Berbahasa Indonesia dalam Tindak Tutur Melarang dan Mengkritik pada Tujuh Etni. Lingua: Jurnal Bahasa dan Sastra, 15(2), 195-205

Hamzah, Zaitul. 2012. Penggunaan Strategi Ketidaksantunan dalam Kalangan Remaja di Sekolah. Jurnal Linguistik 16, 62-74.

Leech, Geoffrey. 2011. Prinsip-Prinsip Pragmatik (Diterjemahkan oleh , M. D. D. Oka.). Jakarta: UI Press.

Maya, Citra. 2022.”Kesantunan Berbahasa Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Muhammadiyah Bengkulu”. Bengkulu: Universitas Muhammadiyah Bengkulu.

Moleong, Lexy. 2018. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya

Muslihah, Naizatul ., & Febrianto, Rosyid. 2017. Pematuhan dan Penyimpangan Prinsip Kesantunan Berbahasa dalam Wacana Buku Teks Bahasa Indonesia. Jurnal Kajian Bahasa, Sastra Dan Pengajaran, 1(1), 99-118.

Nasarudin, N. 2023. Pragmatik: Konsep Teori dan Praktek. Gita Lentera.

Ningsih, Dewi Cahya. 2019. “Kesantunan Tindak Direktif pada Tuturan Anak dan Orang Tua di Desa Ngrancang,Ngawi.” Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta

Nurfadillah. 2020. Ketidaksantunan Berbahasa Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah 12 makassar dalam pembelajaran Bahasa Indonesia.

Pranowo. 2012. Teori Belajar Bahasa. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Tarigan, H. G. 2015. Pengajaran Pragmatik. Bandung: Angkasa.

Titahena, M. dkk. 2021. Kesantunan Berbahasa dalam Interaksi Anak Muda Maluku Lewat Media Sosial Facebook. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 3(3), 527-534.

Yusliawati,Y. dkk. 2011. Analisis Pragmatik. Parole: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 2(5), 801-806.

Zurrahmah. dkk. 2017. Kesantunan Berbahasa dalam Interaksi Sosial Masyarakat. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 4(4), 22-25.

Downloads

Published

2025-01-03
Abstract viewed = 7 times