NILAI-NILAI PENDIDIKAN DALAM NOVEL DOKTER YANG DIRINDUKAN KARYA ASMA NADIA

Authors

  • Yanti Paulina Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Jelita Zakaria Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Nopriadi

DOI:

https://doi.org/10.36085/lateralisasi.v13i02.7433

Abstract

Masalah sebagai berikut bagaimanakah nilai-nilai pendidikan dalam novel Dokter Yang Dirindukan karya Asma Nadia ?. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk memperoleh pendeskripsian tentang nilai-nilai pendidikan dalam novel Dokter Yang Dirindukan karya Asma Nadia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah dilakukan oleh peneliti, nilai-nilai pendidikan dalam novel Dokter Yang Dirindukan karya Asma Nadia, ditemukan ada 4 nilai dari 100 data, yaitu : 1) Nilai Religi (Agama) ditemukan 17 data,  2) Nilai Moral ditemukan 15 data, 3) Nilai Budaya ditemukan 5 data, dan 4) Nilai Sosial ditemukan 63 data. Nilai-nilai pendidikan dalam novel Dokter Yang Dirindukan karya Asma Nadia ini lebih menekankan pada nilai sosial. Bagi peneliti, penelitian ini dapat dijadikan bahan masukan untuk meneliti nilai-nilai pendidikan dalam novel lainya. Bagi Guru mata pelajaran Bahasa Indonesia dapat menggunakan hasil penelitian ini sebagai alternatif bahan ajar, khususnya pada pembelajaran nilai-nilai pendidikan dalam novel Dokter Yang Dirindukan karya Asma Nadia.

Kata Kunci            : nilai-nilai Pendidikan, novel Dokter Yang Dirindukan

References

Atmazaki. 2019. Ilmu Sastra Teori dan Terapan. Jakarta: Angkasa Raya.

Aminuddin. 2014. Pengantar Apresiasi Karya Sastra. Bandung: Sinar Baru.

Doni. 2022. Nilai-Nilai Pendidikan Dalam Novel Hanter Karya Syifauzzahra Dan Relevansinya Sebagai Pembelajaran Sastra Di SMA.

Moleong, Lexy J. 2014. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung. Remaja Rosdakarya Bandung

Nurgiyantoro, Burhan. 2019. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Pradopo, Rachmad Djoko. 2014. Metodologi Penelitian Sastra. Yogyakarta. Hanindita Graha Widia.

Permata, Kadek Adi Wira. dkk. 2014. Analisis Nilai-Nilai Kemanusian Novel Berkisar Merah Karya Ahmad Tohari dan Kesesuaiannya sebagau Bahan Pembelajaran Sastra. Jurnal Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra IndonesiaUniversitas Pendidikan Ganesha Singaraja. Vol. No. 02/ No. 1/2014.

Ratna, Nyoman Kutha. 2019. Teori, Metode, dan Teknik Penelitian Sastra.Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Rahmawati, Syarifah. 2015. Analisis Nilai Pendidikan Dalam Novel Laskar Pelangi Karya Andrea Hirata. Jurnal Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Maritim Raja Ali Haji

Ratna, Yoman Kutha. 2019. Teori, Metode, Dan Teknik Penelitian Sastra. Yogyakarta Pustaka Pelajar.

Semi, M. Atar. 2012. Metode Penelitian Sastra. Bandung. CV Angkasa.

Sumardjo, Jacob. 2010. Filsafat Seni. Bandung:ITB.

Suwanto, AW. Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Yang Terkandung Dalam Tayangan ”Mario Teguh Golden Ways”.

Sukitman, Tri. Internalisasi Pendidikan Nilai Dalam Pembelajaran (Upaya Menciptakan Sumber Daya Manusia Yang Berkarakter)

Selvi, Ayu O. 2014. Nilai-Nilai Terkandung Dalam Novel Surat Dahlan Karya Khrisna Pabichara. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Bengkulu: Bengkulu.

Siska, Angelia. 2016. Nilai-Nilai Pendidikan Dalam Novel Pertemuan Dalam Hati Karya N.H. Skripsi Pada Universitas Jambi: Tidak Diterbitkan

Wellek, R. & Austin W. 2014. Teori Kesustraan. Jakarta. PT Gramedia Pustaka Utama

Waluyo, Herman J. 2011. Pengkajian dan Apresiasi prosa fiksi. Surakarta: UNS Press.

Moleong. 2010. Metodelogi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdaya Karya.

Taringan, Henry Guntur. 2014. Prinsip-Prinsip Dasar Sastra. Bandung : Angkasa.

Sumardjo. 2011. Apresiasi Kesastraan. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.

Semi, Antar. 2012. Metode Penelitian Sastra. Bandung : Angkasa.

Ratna, Nyoman Kutha. 2019. Teori, Metode dan Teknik Penelitian Sastra. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Nurgiyantoro, Burhan. 2019. Teori Pengkajian Fiksi. Gadjah Mada University Press.

Downloads

Published

2025-01-03
Abstract viewed = 7 times