ANALISIS KEBUTUHAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BAHASA INDONESIA BERBASIS KEARIFAN LOKAL UNTUK SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 REJANG LEBONG

Authors

  • Shesilia Cintari Institut Agama Islam Negeri Curup
  • Maria Botifar IAIN Curup
  • Agita Misriani IAIN Curup

DOI:

https://doi.org/10.36085/lateralisasi.v12i01.6569

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebutuhan guru, siswa dan dokumen terhadap Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Bahasa Indonesia. Penelitian ini mengggunakan metode penelitian Research and Development dengan model ADDIE. Penelitian ini hanya membahas tahap pertama model ADDIE yaitu tahap analisis. Data dan sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah guru Bahasa Indonesia kelas X, 36 siswa kelas X dan dokumen LKPD Bahasa Indonesia yang digunakan oleh siswa kelas X SMA Negeri 1 Rejang Lebong. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket analisis kebutuhan guru, angket analisis kebutuhan siswa dan angket analisis dokumen LKPD. Hasil penelitian ini menunjukkan tingkat kebutuhan guru terhadap LKPD Bahasa Indonesia Berbasis Kearifan Lokal mencapai  99,7 % sedangkan siswa sebesar 91,8 % dengan kategori sangat butuh. Kemudian dokumen LKPD yang digunakan saat ini dikategorikan cukup dengan tingkat kelayakan 67 %. Jadi secara keseluruhan guru dan siswa SMA Negeri 1 Rejang Lebong membutuhkan LKPD Bahasa Indonesia Berbasis Kearifan Lokal.

Downloads

Published

2024-07-27
Abstract viewed = 98 times