PENERAPAN SUPERVISI AKADEMIK DALAM RANGKA MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN BAGI GURU KELAS SD NEGERI 153 REJANG LEBONG TAHUN PELAJARAN 2021/2022

PENERAPAN SUPERVISI AKADEMIK DALAM RANGKA MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN BAGI GURU KELAS SD NEGERI 153 REJANG LEBONG TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Authors

  • Subandi Subandi SD Negeri 153 Rejang Lebong

Abstract

AbstrakPenelitian ini merupakan penelitian tindakan sekolah yang dilatarbelakangi oleh adanya guru kelas SDN 153 Rejang Lebong tahun ajaran 2021/2022 yang masuk dan pulang terlambat, guru tidak membuat RPP, tidak mengisi buku penilaian dan masih banyak lagi tipe ketidakdisiplinan guru. . Keadaan ini tidak dapat dibiarkan karena dapat menimbulkan dampak yang kurang baik terhadap kualitas pembelajaran. Untuk mengatasi permasalahan tersebut maka peneliti selaku Kepala Sekolah SDN 153 Rejang Lebong mengatasinya dengan melaksanakan penelitian melalui penerapan supervisi akademik. Pada siklus 1, hasil penerapan tindakan diperoleh hasil tingkat kedisiplinan guru baru mencapai 57% dari jumlah guru yang ada, sedangkan perangkat ketuntasan belajar baru 43% serta guru yang mengajar dengan metode pembelajaran terkini adalah 43% dari 7 orang belajar dan hasil persentase akhir adalah 47% sedangkan kriteria kemanjuran tindakan minimum adalah 80%. Hasil ini jauh di bawah/di bawah target minimal sehingga dilakukan tindakan pada siklus berikutnya. Hasil Tindakan siklus 2 adalah tingkat kedisiplinan guru meningkat menjadi 86%, Guru yang melengkapi perangkat pembelajarannya sebanyak 86%, mengajar dengan metode mutakhir meningkat menjadi 86%, hasil Persentase akhir 3 sub dibagi 3 adalah 86%. Berdasarkan data hasil 2 siklus ini maka dapat disebutkan bahwa penerapan supervisi akademik yang terbukti secara ilmiah dapat meningkatkan mutu belajar bagi guru SDN 153 Rejang Lebong tahun ajaran 2021/2022.Kata kunci: Pembinaan Akademik, Studi, Kualitas Studi

Downloads

Published

2022-12-31
Abstract viewed = 15 times