PENERAPAN MEDIA GAMBAR DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA MATERI PROSES TERJADINYA HUJAN BAGI SISWA KELAS III SD NEGERI 165 SELUMA TAHUN PELAJARAN 2022/2023

PENERAPAN MEDIA GAMBAR DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA MATERI PROSES TERJADINYA HUJAN BAGI SISWA KELAS III SD NEGERI 165 SELUMA TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Authors

  • Hairuman Hairuman SD Negeri 165 Seluma

Abstract

Abstrak

Rendahnya nilai hasil belajar pada Kompetensi Dasar 3.1 menggali tentang konsep perubahan wujud benda dalam kehidupan sehari-hari yang disajikan dalam bentuk lisan, tulis, visual, dan/atau eksplorasi lingkungan, nilai rata-rata yang dicapai siswa hanya mencapai 58. Hal ini dapat dilihat dari hasil belajar siswa. Dari 9 siswa kelas III baru 4 anak yang mendapat nilai 70 sebanyak 44% dan 5 siswa mendapat nilai di bawah 70 sebanyak 56%. Dengan memperhatikan nilai ulangan siswa yang rendah tersebut maka guru harus melakukan perbaikan pembelajaran salah satunya dengan menggunakan media gambar agar siswa tertarik dan termotivasi untuk belajar. Hasil tindakan siklus 1 adalah jumlah nilai klasikal 580, rata – rata yang diperoleh adalah 64. Dengan asumsi 44% siswa (4 siswa) tuntas belajar  dan belum tuntas belajar ada 5 siswa (56%), hasil ini belum memenuhi kriteria minimal keberhasilan tindakan. Selanjutnya pada siklus 2 terjadi peningkatan hasil belajar yaitu jumlah nilai yang diperoleh adalah 670 dengan rata – rata adalah 74. Siswa tuntas belajar sebanyak 8 siswa atau 89% dan siswa belum tuntas belajar tersisa 1 siswa atau 11%. Berdasarkan hasil tindakan pembelajaran siklus 2 ini membuktikan secara ilmiah bahwa penerapan penerapan Media Gambar secara ilmiah mampu meningkatkan hasil belajar bahasa Indonesia materi Proses Terjadinya Hujan bagi siswa Kelas III SD Negeri 165 Seluma Tahun Pelajaran 2022/2023

Kata Kunci: Media Gambar, Hasil Belajar, Bahasa Indonesia

Downloads

Published

2022-12-31
Abstract viewed = 78 times