USAHA MENINGKATKAN PEMANFAATAN TIK DALAM PENGEMBANGAN INOVASI PEMBELAJARAN MELALUI WORKSHOP TIK BAGI GURU-GURU DI SD NEGERI 77 KOTA BENGKULU TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Authors

  • Yorsa - Nengsih SDN 77 Kota Bengkulu

Abstract

ABSTRAK

Dalam Penelitian ini, peneliti mencoba mengangkat permasalahan pemanfaatan Teknologi Informasi dalam pengembangan inovasi pembelajaran terhadap guru di SD Negeri 77 Kota Bengkulu?â€Tujuan penelitian ini  adalah untuk meningkatkan Pemanfaatan dan Pengetahuan Teknologi Informasi Komunikasi  Guru dalam mengembangkan Inovasi Pembelajaran di SD Negeri 77 Kota Bengkulu. Penelitian ini berbentuk Penelitian Tindakan Sekolah (School Action Research), yaitu sebuah penelitian yang merupakan kerjasama antara peneliti dan guru,  dalam meningkatkan  kemampuan  guru agar  menjadi  lebih baik dalam menyusun proses pembelajaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif, dengan menggunakan teknik persentase untuk melihat peningkatan yang terjadi dari siklus ke siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa workshop TIK dapat meningkatkan pengetahuan dan pemanfaatan tik dalam mengembangkan pembelajaran inovatif bagi guru di SD Negeri 77 Kota Bengkulu. Hal ini terlihat pada kegiatan siklus I dimana rata-rata nilai peserta secara klasikal adalah 72,57, dari 7 peserta guru dengan perincian 5 peserta berhasil dalam arti prosentasi keberhasilannya adalah 71,42 %, sementara 2 peserta belum berhasil yaitu 28,58 %  . Oleh sebab itu bagi 2 peserta guru yang tidak mencapai nilai minimal 65 pada siklus I,  perlu ditindaklanjuti dengan  melaksanakan siklus II. Kegiatan workshop ini juga dapat meningkatkan pengetahuhan dan memanfaatkan TIK / computer untuk kepentingan pembelajaran termasuk mengembangkan pembelajaran yang Inovatif. 

Kata Kunci : Pemanfaatan TIK, Pengembangan Inovasi Pembelajaran, Workshop TIK

References

DAFTAR PUSTAKA

Badudu. (1988). Perencanaan Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offset.

Harbinson.(1970). Pembelajaran Moral: Berpijak pada Karakteristik Siswa dan Budaya. Jakarta: Rineka Cipta.

Nadler. (1970). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Gajagrafindo Persada.

Procton. (1983). Pendidikan dan Pelatihan Kerja. Yogyakarta: Gava Media.

Gunawan. (2010). Tabloid Jawa Pos. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Gagne. (1985). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Thompson dan Eveland. (1967). Memotivsi Siswa Dikelas: Gagasan dan Strategi. Jakarta:Indeks Permata Putri Media.

Rogers & Shoemaker. (2008). Pelatihan Pengembangan Dan Implementasi Media Pembelajaran Berbantuan Komputer Bagi Guru SMK Kelompok Teknologi Industri. Laporan Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat.UNY

Suharsimin Arikunto. (2002). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek (edisi revisi V). Jakarta: Rineka Cipta.

Trianto. (2010). Model pembelajaran terpadu: konsep, strategi, dan implementasinya dalam kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP). Jakarta: Bumi Aksara.

Downloads

Published

2022-01-23
Abstract viewed = 36 times