SAPAAN DALAM BAHASA NASAL DI KABUPATEN KAUR PROVINSI BENGKULU

Authors

  • Jelita - Zakaria Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Ira - Yuniati
  • Nursiyah - Nursiyah

Abstract

Abstrak

Bahasa merupakan suatu yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia terlebih lagi karena manusia yang merupakan makhluk sosial yang saling komunikasi dan berinteraksi satu sama lain. Zaman yang sudah semakin maju sudah mulai banyak bahasa baru timbul sehingga dikhawatirkan bahasa daerah perlahan akan menghilang, terkhusus dengan Sapaan Dalam Bahasa Nasal di Kabupaten Kaur Provinsi Bengkulu. Oleh karena itu, peneliti ingin meneliti Sapaan Dalam Bahasa Nasal di Kabupataen Kaur Provinsi Bengkulu agar Sapaan dalam Bahasa Nasal di Kabupaten Kaur Provinsi Bengkulu tetap dipertahankan. Rumusan dalam Bagaimana bentuk kata sapaan kekerabatan yang digunakan dalam bahasa Nasal di Kabupaten Kaur. Tujuan penelitian untuk mengetahui bentuk kata sapaan dalam bahasa Nasal. Metode yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Teknik analisis data yaitu dengan cara ditranskripsikan, Menganalisis data, Mengelompokkan bentuk kata sapaan, Menginterprestasikan data, Menarik kesimpulan. Kesimpulan, dari hasil penelitian bentuk kata sapaan kekerabatan dalam bahasa Nasal dapat disimpulan sebagai berikut :  Bak (bapak) Mak (ibu) Anak dan Nak (anak), Dang, Dongah, Cik (kakak laki-laki), Wo, Ngah, Odo (kakak perempuan), Adek (adik), Tamong (kakek), Sawo (nenek), Cucung, Pakdang, Bakdang, Pakwo, Pakngah, Wan, Unik, (Paman), Makdang, Makwo, Makngah, Nda, Bucik,(bibi), bak/diiringi dengan sebutan nama anak tertua (suami), Mak/diiringi dengan sebutan nama anak tertua = (istri), Dodang, Dongah, Docik (kakak ipar laki-laki),Wodang, Cikngah, Ceudo ( kakak ipar perempuan ), Adek (adik ipar), Dang/Dongah/Cik (kakak sepupu laki-laki), Wo/Ngh/Odo (kakak sepupu perempuan), Adek (adik sepupu), Bak (mertua laki-laki), Mak (mertua perempuan). Di dalam penelitian ini peneliti menyarankan untuk menjaga kelestarian bahasa daerah dan sapaan dalam bahasa Nasal agar tetap dipertahankan dan kita sebagai generasi muda harus bangga dengan bahasa daerah kita sendiri.

References

DAFTAR PUSTAKA

Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Budiana, dkk 2017. Pengantar Psikolinguistik. Malang: Universitas Brawijaya Press (UB).

Chaer, Abdul dan Leonie Agustina. 2004. Sosiolingustik Perkenalan Awal. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

-------------------------------------------. 2010. Sosiolinguistik Perkenalan Awal. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Chaer, Abdul. 2011. Tata Bahasa Praktis Bahasa Indonesia. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

-----------------. 2012. Linguistik Umum. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Hasan, Muhammad. 2019. Penggunaan Kata Sapaan Bahasa Gorontalo. Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP Universitas Tadulako (Volume 4 No 4, 2019).

Moleong. Lexy J. 2014. Metodedologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Paulina, Yanti dan Cici Novita Sari. 2019. Kata Sapaan dalam Bahasa Rejang Dialek Rejang. Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Bengkulu (Volume 7 Nomor 1, Maret 2019).

Rizkiani, Maya. 2016. Sistem Sapaan Pada Masyarakat Sasak Desa Telagawaru Kecamatan Labuapi, Kabupaten Lombok Barat. Skripsi. Prodi Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Mataram.

Rangga, Refriadi. 2012. Kata Sapaan dalam Bahasa Minangkabau di Kenagarian Tuik IV Koto Mudiak Batang Kapas Kabupaten Pesisir Selatan. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Universitas Negeri Padang.

Sari, Nika dkk. 2013. Sistem Kata Sapaan Kekerabatan Dalam Bahasa Melayu Di Kepenghuluan Bangko Kiri Kecamatan Bangko Pusako Kabupaten Rokan Hilir. Provinsi Riau Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (Volume 1, Nomor 2, Maret 2013).

Setyawati, Nanik. 2010. Analisis Kesalahan Berbahasa. Surakarta: Yuma Pustaka.

Sumarsono. 2013. Sosiolinguistik. Yogyakarta: Sabda.

Sugono, dkk 2003. Buku Praktis Bahasa Indonesi. Pusat Bahasa Departemen Nasional.

Unsiah, Frida dan Ria Yuliati. 2018. Pengantar Ilmu Linguistik. Malang: Universitas Braawijaya Press (UB).

Utami, Rini Esti. 2016. Sapaan dalam Rubrik Lapor Gan di Harian Tribun Jateng. Balai Pustaka Jawa Tengah (Volume 12, Nomor 1, Mei 2016).

Warsiman. 2014. Sosiolinguistik Teori dan Aplikasi dalam Pembelajaran. Malang: UB Pres.

Wibowo, Ridha Mahsudi dan Agustin Retnaningsih. 2015. Dinamika Bentuk-Bentuk Sapaan Sebagai Refleksi Sikap Berbahasa Masyarakat Indonesia. Jurnal Humaniora, (Volume 27, Nomor, Oktober 2015).

Downloads

Published

2022-01-23
Abstract viewed = 38 times