KESALAHAN BERBAHASA PADA SKRIPSI MAHASISWA PROGRAM STUDI ILMU HUKUM UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH BENGKULU

Authors

  • Ira - Yuniati Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Hasmi - Suyuthi
  • Ririn Ayu Dwi Lestari

Abstract

Abstrak

Masalah penelitian ini yaitu:(1) apa saja kesalahan pemakaian ejaan pada bab 1 skripsi Mahasiswa program Studi Ilmu Hukum Universitas Muhammadiyah Bengkulu? (2) apa kesalahan pemakaian ejaan yang  dominan pada bab 1 skripsi Mahasiswa Program Studi Ilmu Hukum Universitas Muhammadiyah Bengkulu? Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh pendiskripsian pemakaian ejaan bahasa Indonesia pada bab 1 skripsi Mahasiswa Program Studi Ilmu Hukum Universitas Muhammadiyah tahun 2018.  Metode yang digunakan adalah metode deskriptif. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah studi pustaka dengan teknik daftar data. Teknik analisis data adalah (1) Mengidentifikasi  bentuk kesalahan, (2) Mengklasifikasikan bentuk kesalahan sesuai dengan kelompok kesalahannya, (3) Menjelaskan bentuk kesalahan, (4) Menentukan persentase bentuk kesalahan (5) menyimpulkan kesalahan penggunaan ejaan. Hasil penelitian adalah (1) kesalahan penggunaan ejaan berbahasa Indonesia pada bab 1 skripsi Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ilmu Hukum Universitas Muhammadiyah Bengkulu tahun 2018 ditemukan sebanyak 288 kesalahan, (2) kesalahan penggunaan ejaan bahasa Indonesia pada bab 1 skripsi Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ilmu Hukum Universitas Muhammadiyah Bengkulu yang paling dominan adalah kesalahan pemakaian huruf kapital dengan 170 kesalahan. Sedangkan yang paling sedikit adalah kesalahan penggunaan tanda baca dengan 21 kesalahan, (3) bentuk kesalahan penggunaan ejaan bahasa Indonesia pada bab 1 skripsi Mahasiswa Program Studi Ilmu Hukum Universitas Muhammadiyah Bengkulu adalah: (a) kesalahan pemakaian huruf ditemukan sebanyak 174 kesalahan dengan persentase 61,05% terletak pada kriteria kesalahan kurang kesalahan, (b) kesalahan pemakaian tanda baca ditemukan sebanyak 21 kesalahan dengan persentase 7,29% terletak pada kriteria sangat sedikit kesalahan, (c) kesalahan penulisan kata ditemukan sebanyak 93 kesalahan dengan persentase 32,63% terletak pada kriteria  sedikit kesalahai

References

DAFTAR PUSTAKA

Ardiana, Leo Irda, Yonohudiyonoo. 1997. Materi Pokok Analisis Kesalahan Berbahasa. Jakarta: Universitas Terbuka.

Ariningsih, N., Sumarwati, S., & Saddhono, K. (2012). Analisis Kesalahan Berbahasa Indonesia Dalam Karangan Eksposisi Siswa Sekolah Menengah Atas. Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra Indonesia, Dan Pengajarannya, 1(1), 130–141.

Arizona, Nadya. 2014. Kesalahan Ejaan pada Skripsi Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Lampung Tahun 2014 dan Implikasinya pada Mata Kuliah Umum Bahasa Indonesia.

BIP, T.R. 2019. Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia dan Pembentukan Istilah. Jakarta: Bhuana Populer.

Chaer, A. 2011. Ragam Bahasa Ilmiah. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Dalman. 2014. Keterampilan Menulis. Jakarta: Rajawali Press.

Depdikbud. 2005. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Ferdinansyah, Anggi. 2015. Analisis Kesalahan Berbahasa pada Latar Belakang Skripsi Mahasiswa Program Studi Ilmu Bahasa Indonesia Universitas Muhammadiyah Bengkulu.

Moleong, Lexy. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Karya.

Setyawati, Nanik. 2010. Analisis Kesalahan Berbahasa Indonesia. Surakarta: Yuma Pustaka.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suryabrata, Sumardi. 2011. Metodologi Penelitian. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Tarigan, H. G. 2009. Pengajaran Ejaan Bahasa Indonesia. Bandung: Penerbit Angkasa.

Tarigan, H. G. 2013. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa Bandung.

Wirathra, I. M. 2006. Pedoman Penulisan Usulan Penelitian, Skripsi, dan Tesis. Jakarta: C.V Andi Offset.

Downloads

Published

2022-01-23
Abstract viewed = 154 times