TOKOH PEREMPUAN DALAM CERPEN KUCING MATI KARYA AGUS FAHRI HUSEIN

Authors

  • elyusra - elyusra Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Septina - Lisdayanti Universitas Muhammadiyah Bengkulu

Abstract

ABSTRAK

Masalah dalam penelitian ini adalah tentang tokoh perempuan dan watak tokoh perempuan dalam cerita pendek berjudul “Kucing Mati†karya Agus Fahri Husein yang dimuat dalam majalah Suara Muhammadiyah 01/106 1-15 Januari 2021. Sebagai satu unsur intrinsik, tokoh dan watak tokoh dalam cerpen ini dikaji dengan menggunakan pendekatan struktural. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Data berupa bagian-bagian teks cerpen yang memuat tentang tokoh perempuan dan watak tokoh perempuan, yang bersumber dari cerpen berjudul “Kucing Mati†karya Agus Fahri Husein. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik baca dan teknik catat, dengan instrumen tabel. Data dianalisis dengan teknik analisis isi dan teknik hermeneotik. Teknik pemeriksaan keabsahan data yang digunakan adalah ketekunan pengamatan dan uraian rinci. Hasil penelitian menyatakan bahwa tokoh perempuan dalam cerpen ini adalah tokoh saya yang berperanan sebagai tokoh utama dengan memenuhi tiga ciri. Watak tokoh perempuan yang dapat diidentifikasi adalah berwatak sebagai manusia religius, sebagai manusia ilmu, dan sebagai manusia ekonomi.

Kata kunci: cerpen, tokoh cerita, watak tokoh, pendekatan structural

References

DAFTAR PUSTAKA

Dami, Sebastianus Darwis Primasetia. 2019. “Analisis Unsur Intrinsik Cerpen Gadis Manis dalam Bisâ€. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.

Elyusra dan Utami, Ega. 20121. “Isolasi dan Karantina di Masa Pandemi Covid-19 dalam Dua Cerpen Majalah Suara Muhammadiyah†dalam Lateralisasi, Volume 09 Nomor 01, Juni 2021.

------- 2017. “Struktur Amanat dalam Cerpen Pendek ‘Pulang’†Karya Agus Safari dalam Lateralisasi Jurnal Bahasa dan Sastra Indonesia. Volume V, Nomor 02, Oktober 2017, hlm. 157-164.

Ervida. 2015. “Frasa Nomina Posesif dalam Cerita Pendek di Majalah Suara Muhammadiyah Tahun 2014â€. Skripsi. Surakarta: Universitas Surakarta.

Husein, Agus Fahri. 2021. “Kucing Mati†dalam Majalah Suara Muhammadiyah 01/106 1-15 Januari 2021.

Kosasih, E..Dasar-dasar Keterampilan Bersastra. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Mardiyanto, Herry, dkk.. 2006. Cerita Pendek Indonesia di Yogyakarta. Jakarta: Pusat Bahasa, Departemen Pendidikan Nasional.

Moleong, Lexy J. 2013. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Rosda.

Nurgiyantoro, Burhan. 2015. Teori pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Ratna, Nyoman Khuta. 2009. Teori, Metode, dan Teknik Penelitian Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sendari, Anugerah Ayu. 2021. Keistimewaan Kucing di Mata Islam, Hewan Kesayangan Rasulullah. https://www.liputan6.com/ramadan/read/ 4540502/keistimewaan-kucing-di-mata-islam-hewan-kesayangan- rasulullah

Sendratari, Luh Putu dan Maryati Tuty. 2014. Sejarah wanita Perspektif Androgynous. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Teeuw. A.1984. Sastra dan Ilmu Sastra. Bandung: PT Dunia Pustaka Jaya.

Waluyo, Herman I. 1994. Pengkajian Cerita Fiksi. Yogyakarta: Sebelas Maret University Press.

Wulandari, Zulia Ayu. 2019. Kajian Sosiologi Kumpulan Cerpen Suara Merdeka Periode 2016. Semarang: Fakultas Bahasa Dan Seni, Universitas Semarang.

Downloads

Published

2022-01-23
Abstract viewed = 178 times