KESALAHAN SINTAKSIS PADA KARANGAN EKSPOSISI SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH TERPADU KOTA BENGKULU

Authors

  • St. Asiyah - St. Asiyah Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Rizki Imelita Putri

Abstract

ABSTRAK

Kata Kunci: Kesalahan, Sintaksis, Karangan Eksposisi

Dalam pembelajaran bahasa Indonesia, masih banyak siswa yang melakukan kesalahan berbahasa. Salah satu kesaahan tertulis yang sering dilakukan adalah kesalahan sintaksis. Masalah penelitian ini adalah 1.Bagaimana kesalahan sintaksis bidang frasa pada karangan eksposisi siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah Terpadu Kota Bengkulu tahun ajaran 2020/2021, 2.Bagaimana kesalahan sintaksis bidang kalimat pada karangan eksposisi siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah Terpadu Kota Bengkulu tahun ajaran 2020/2021. Tujuan penelitian  ini adalah untuk mendeskripsikan kesalahan sintaksis aspek frasa dan kalimat dalam karangan eksposisi siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah Terpadu Kota Bengkulutahun ajaran 2020/2021. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Tehnik pengumpulan data penelitian ini adalah teknik tes. Tehnik analisis data menggunakan rumus prosentase P =      Kesimpulan hasil penelitian adalah 1.Kesalahan penggunaan frasa sebanyak 5 atau 55,55%  dari jumlah keseluruhan karangan.  Kesalahan penggunaan kalimat sebanyak 4 atau 44,44%% kalimat dari keseluruhan karangan

References

DAFTAR PUSTAKA

Annas Sudijino. 2006. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Arikunto Suharsimi, 2013:272 Prosedur Penelitian. Jakarta.Rineka.Cipta.

Dalman, 2012. Keterampilan Menulis.Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Deparemen Pendidikan Nasional, 2005. Kamus Besar Bahasa Indonesia Jakarta. Balai Pustaka.

Deparemen Pendidikan Nasional, 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia Jakarta.PT Gramedia Pustaka Utama.

Gunawan & Nirmala, Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia yang Disempurnakan Surabaya. Jaya Abadi.

Musrifah,Nurul.1999.AnalisisKesalahanSintaksisPadaKaranganSiswaKelas IIISLTPNegeri13Yogyakarta TahunPelajaran1998-1999.Yogyakarta: IKIPYogyakarta.

Nurgiyantoo, Burhan. 2001. Penilaian dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra. Yogyakarta: BPFE

Setyawati, Nanik. 2010. AnalisisKesalahanBerbahasaIndonesia.Surakarta:YumaPustaka.

Supraba,TH.EllisaTesdy.2008.AnalisisPolaPengembanganParagrafdalamKarangan Narasi Siswa Kelas VIII SMP BOPKRI 3 Yogyakarta.Yogyakarta:FBSUNY.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitataif dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Tarigan, Henry Guntur, 2008. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung:Angkasa.

Downloads

Published

2022-01-23
Abstract viewed = 77 times