SEJARAH SITUS-SITUS MEGALITIKUM DOLMEN DI KECAMATAN CURUP KABUPATEN REJANG LEBONG PROVINSI BENGKULU

Authors

  • Wansriati - Wansriati SMPN 29 Rejang Lebong
  • Anotho Heri Gurinta SMPN 3 Rejang Lebong
  • Vahlevi - Subyadinata SMPN 13 Rejang Lebong

Abstract

Abstrak

            Tujuan penelitian ini adalah ditemukannya sejarah situs sebagai rekonstruksi masa lalu yang menginformasikan tentang benda-benda peninggalan sejarah megalitikum berupa batu besar berupa dolmen yang memiliki fungsi dijadikan tempat persembahan melalui sesajen untuk roh leluhur nenek moyang di Kecamatan Curup Kabupaten Rejang Lebong Provinsi Bengkulu. Penelitian berjenis kualitatif, pengumpulan data melalui observasi langsung, wawancara informan, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan langkah-langkah melalui pendeskripsian, analisis konteks, simpulan, Hasil penelitian ditemukannya sejarah  dari bentuk peninggalan berupa situs megalitikum berbentuk dolmen Batu Lebar, Batu Anggung, Batu Panco, dan Batu Dewa. Situs-situs ini oleh masyarakat dianggap sebagai tempat keramat dan memiliki historis tersendiri sebagai tempat suci dan sakral yang dibuktikan dengan seringnya orang-orang meletakkan sesajen atau dengan mambakar kemenyan untuk tujuan- tujuan tertentu.

References

DAFTAR PUSTAKA

Prasetyo, Bagyo. 2013. Persebaran dan Bentuk-Bentuk Megalitik Indonesia: Sebuah Pendekatan Kawasan. Kalpataru. Majalah Arkeologi, Vol. 22 No. 2, November 2013 : 61-122.

Sriwigati. 2021. Dolmen Dan Kubur Batu Di Bagian Selatan Kabupaten Kepulauan Sangihe. Tesis Universitas Hasanuddin: Makasar.

Siska, Yulia. 2017. Peninggalan Situs Megalitik Sekala Brak Dan Implikasinya Dalam Pembelajaran Sejarah Lokal Di Sekolah Dasar. Mimbar Sekolah Dasar, Volume 4 Nomor 2. 171-181.

Downloads

Published

2022-01-23
Abstract viewed = 299 times