Peningkatan Aktifitas Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Students Teams Achievment Division (STAD) Di Kelas XI Tata Boga 1 SMKN 3 Kota Bengkulu

Authors

  • Melly - Syamsimar SMKN 03 Kota Bengkulu

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktifitas belajar siswa melalui model pembelajran kooperatif (STAD). Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XI Tata Boga 1 tahun ajaran 2017/2018. Penelitia ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas dengan 2 Siklus yang masing-masing siklus 2 kali pertemuan. Data dikumpulkan melalui observasi, angket dan dokumentasi. Data yang diperoleh pada penelitian ini dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif dengan presentase dan didasarkan pada refleksi tiap siklus. Hasil penelitian ini adalah terjadi peningkatan aktivitas pembelajaran yaitu (1) aktivitas guru meningkat, pada siklus 1 memperoleh rata-rata 31 dengan kategori cukup dan meningkat pada siklus II memperoleh rata-rata 39,5 dengan kategori baik. (2) Aktivitas siswa meningkat, pada siklus 1 memperoleh rata-rata 33 dengan kategori cukup dan meningkat pada siklus II memperoleh rata-rata 41,5 dengan kategori baik. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa model pembelajaran STAD dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas XI Tata Boga 1 di SMKN 3 Kota Bengkulu. Hasil penelitian ini diharapkan mampu dijadikan salah satu alternatif model belajar yang dapat digunakan pada pembelajaran tata boga untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa.

 

Kata kunci: Aktifitas Belajar, Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Achievment Division (STAD)

References

DAFTAR PUSTAKA

Arends.2011. Learning to Teach (nineth Edition). New York: Mc-Graw Hill.

Dimyati, dan Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Kunandar. (2008). Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: Rajawali Pers.

Sudjana, Nana.2006. penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Winarni, Endang Widi.2011. Penelitian Pendidikan. Bengkulu: Unit Penerbitan FKIP Bengkulu.

Patonah, Sri. 2014. Peningkatan Kemampuan Siswa Dalam Pengolahan Soup Melalui Model Pembelajaran Kooperatif tipe STAD Di Kelas XI Jasa Boga Program Keahlian Tata Boga SMKN 3 Pati Tahun 2012/2013. Jurnal Teknobuga Volume 1 No. 2 November 2014 hal 1-12.

Robyn, M, Gillies and Adrian F, Ashman. 2005. Cooperative Learning. New York: Taylor & Francis e-Library.

Toetiana, dkk .2012. Efektifitas Model Pembeljaran Creative Problem Solving (CPS) yang dilengkapi media pembelajaran laboratorium virtual terhadap prestasi belajar siswa pada materi pokok keloid kelas XI IPA semester genap SMAN 1 Karanganyar tahun pembelajaran 2011/2012 jurnal Pendidikan Kimia (PJK) Volume 1, No.1 hal 74-79, ISSN 2337-9995.http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/kimia. (Diakses 22 Novemer 2017).

Trianto. 2010. Mengembangkan Model Pembelajaran Tematik. Jakarta : Prestasi Pustaka.

Yuni, Ni Wayan Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar TIK Siswa Kelas Bahasa SMA Negeri Singaraja tahun ajaran 2009/2010, Jurnal PTK.UNDIKSHA, Volume 9, No. 2, Juli 2012hal 93-106. ISSN 0216-3241 (diakses tanggal 14 November 2017).

Downloads

Published

2021-01-29
Abstract viewed = 76 times