PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA INDONESIA ANAK USIA 4-6 TAHUN DI TK AISYIYAH BUSTANUL ATHAFAL DI DESA KUTOREJO KABUPATEN KEPAHIANG

Authors

  • Jelita - Zakaria Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Yanti - Paulina Universitas Muhammadiyah Bengkulu

Abstract

Abstrak

Bahasa merupakan alat komunikasi yang penting bagi setiap orang. Melalui penguasaan kosa kata seseorang atau anak dapat mengembangkan interaksi dengan orang lain. Penguasaan kosakata Bahasa Indonesia yang dimiliki anak TK Bustanul Athafal Desa Kutorejo rendah dibanding dengan penguasaan kosakata Bahasa Indonesia di sekolah TK lainnya. Oleh karena itu, peneliti ingin mengetahui lebih dalam mengenai penguasaan kosakata Bahasa Indonesia anak di sekolah Taman Kanak-kanak Bustanul Athafal Desa Kutorejo tersebut. Rumusan Masalah penelitian ini adalah bagaimana penguasaan kosakata bahasa Indonesia anak usia 4-6 tahun di  Taman Kanak-kanak Aisyiyah Bustanul Athafal Desa Kutorejo Kabupaten Kepahiang. Tujuan peneitian mendeskripsikan penguasaan kosakata Bahasa Indonesia anak 4-6 tahun yang sedang belajar dan berinteraksi di lingkungan sekolah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif. Teknik mengolah data yaitu dengan cara editing, coding/pengkodean, tabulasi dan menghitung presentase rata-rata. Hasil penelitian menunjukan  kosakata bahasa Indonesia  yang dikuasai oleh anak usia 4-6 tahun di TK Asisiah Bustanul Athfal Desa Koto Rejo Kabupaten Kepahiyang adalah: 1) Berdasarkan klarifikasi kosa kata,  kata benda lebih dominan, disusul dengan kata sifat, kata kerja, kata keterangan, kata bilangan, kata ganti, kata seru, kata depan, kata hubung, dan kata sandang tidak ditemukan dalam penelitian ini. 2) Berdasarkan umur, penguasaan kosakata anak umur 6 tahun lebih banyak daripada anak usia 5 dan 4 tahun. 3) Berdasarkan jenis kelamin, anak perempuan lebih banyak menguasai kosakata daripada anak laki-laki. 4) Berdasarkan pekerjaan orang tua, terlihat pada hasil penelitian bahwa anak yang orang tuanya bekerja sebagai guru berbeda penguasaan kosakatanya dengan anak yang orang tuanya bekerja sebagai petani, pedagang dan buruh. 5) Berdasarkan sosial ekonomi, terlihat bahwa anak yang memiliki sosial ekonomi bagus  penguasaan kosakatanya lebih  tinggi, sebaliknya anak yang memiliki sosial ekonomi kurang bagus penguasaan kosakatany  rendah.

Kata Kunci: Penguasaan Kosakata Bahasa Indonesia Anak

References

DAFTAR PUSTAKA

Adhani, Agnes. 2017. Kosakata Bahasa Indonesia.Yogyakarta: Textium.

Akhadiah, Sabarti dkk. 2001. Teori Belajar Bahasa. Jakarta: Universitas Terbuka.

Amalputra, LHY. 1994. Pengaruh Teknik Penerjemahan Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa ditinjau dari Aspek Verbal. Jakarta: PPS IKIP Jakarta.

Chaer, Abdul. 2002. Psikolinguistik Kajian Teoretik. Jakarta: Rineka Cipta.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2005. Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Djauhari, Badria. 2018. Penguasaan Kosakata Anak Usia Dini 3-5 Tahun di Desa Bumbulan Kecamatan Paguat Kabupaten Pohuwato. Skripsi. Program Sarjana Fakultas Sastra dan Budaya. Gorontalo.

Kridalaksana, Harimurti. 2008. Kelas Kata dalam Bahasa Indonesia Edisi Kedua. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Mahsun. 2012. Metode Penelitian Bahasa. Jakarta: Rajawali Pers.

Mansur. 2011. Pendidikan Anak Usia Dini dalam Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Markus, Nengsih. 2017. Penguasaan Kosakata Bahasa Indonesia Anak Usia 4-5 Tahun. Jurnal Ilmiah Vol. 4 No. 2, hlm 102-115.

Moleong, J Lexy. 2016. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Morrison, S George. 2012. Dasar-dasar Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Jakarta: Indeks.

Musfiroh, Tadkiroatun. 2010. Pengembangan Kecerdasan Majemuk. Jakarta: Universitas Terbuka.

Muslich, Mansur. 2013. Tata Bentuk Bahasa Indonesia Kajian ke Arah Tata Bahasa Deskriptif. Jakarta: Bumi Aksara.

Nazir, Moh. 2009. Dimensi-dimensi dalam Belajar Kedua. Bandung: Sinar Baru.

Otto, Baverly. 2015. Perkembangan Bahasa Pada Anak Usia Dini. Jakarta: Prenadamedia Group.

Patmonodewo, Soemiarti. 2008. Pendidikan Anak Prasekolah. Jakarta: Rineka Cipta.

Rahmawati, Dyah. 2017. Penguasaan Kosakata Bahasa Indonesia pada Anak Usia Prasekolah. Jurnal. Hlm 1-12. Jurusan Sastra Indonesia Universitas Negeri Malang.

R. Conny, Semiawan. 2008. Belajar dan Pembelajaran Pra Sekolah dan Sekolah Dasar. Jakarta: PT Indeks.

Seefeldt, Carol dan Wasik A Barbara. 2008. Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT Indeks.

Sunarto, dan Agung Hartono. 2002. Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Susanto, Ahmad. 2011. Perkembangan Anak Usia Dini Pengantar dalam Berbagai Aspeknya. Jakarta: Kencana.

Syanurdin. 2018. Pembelajaran Menulis Bahasa Indonesia Hukum. Yogyakarta: Adicita Karya Nusa.

Syanurdin. 2017. Model Menulis Ajar Menulis Bahasa Indonesia. Bengkulu: Vanda

Tim KKBI. 2005. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Tim PUEBI. 2016. Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia. Jakarta : Katalog.

Trianto. 2011. Desain Pengembangan Pembelajaran Tematik Bagi Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana.

Wahyudi, Uyu dan M. Agustin. 2011. Penilaian Perkembangan Anak Usia Dini. Bandung: PT Refika Aditama.

Wilyani, Novan Andy. 2016. Konsep Dasar Paud. Yogyakarta: Gava.

Downloads

Published

2021-01-29
Abstract viewed = 146 times