NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM NOVEL HARGA SEBUAH PERCAYAKARYA TERE LIYE

Authors

  • Man - Hakim Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Neneng - Astina

Abstract

Abstrak

Masalah penelitian ini adalah bagaimanakah nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam novel Harga Sebuah PercayakaryaTere Liye?Penelitian ini adalah untuk memperoleh pendeskripsian nilai-nilai pendidikan karakter.Metode penelitian ini adalah deskriptif analisis. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah teknik daftar data dengan langkah-langkah sebagai berikut, (1) membaca novel secara keseluruhan untuk memperoleh gambaran secara umum, (2) membaca ulang  novelsambil menandai bagian karya yang berhubungan dengan masalah penelitian yaitu nilai-nilai pendidikan karakter dengan cara menggarisbawahi dengan tinta warna, (3) mengumpulkan bagian-bagian teks novel yang telah digarisbawahi pada daftar data. Teknik analisis data adalah (1) kutipan yang telah dikumpulkan pada daftar data, kemudian diidentifikasi berdasarkan bentuk nilai-nilai pendidikankarakter, (2) kutipan-kutipan sama dikelompokan menjadi satu kelompok, (3) dianalisis lebih lanjut untuk proses dideskripsikan, (4) menginterpretasikan, dan (5) menarik kesimpulan penelitian.Nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam novelHarga Sebuah Percaya karya Tere Liye ditemukan sebanyak 72 data.Nilai pendidikan karakter adalah religius adalah berdoa  meliputi (a) berdoa untuk meminta petunjuk dalam mengambil keputusan dan (b) berdoa diberikan jalan terbaik, dan (c) berdoa untuk meminta keluarga Nayla menyetujui hubungan mereka, (d) tidak melakukan kejahatan, dan (e) berdoa untuk diberikan keselamatan, kerja keras wujudnya meliputi (a) rajin bekerja, (b) efesien dalam menggunakan waktu, (c) tidak milih pekerjaan, (e) bekerja hampir 24 jam, kreatif wujudnya meliputi (a) menghasilkan karya baru dan (b) memiliki pemikiran yang cerdas, dan (c) melakukan sesuatu sesuai situasi dan kondisi, percaya diri wujudnya meliputi (a) optimis/memiliki keyakinan yang tinggi dan (b) bertanggung jawab, (c) tidak memiliki rasa takut, (d) memiliki kebanggaan atas apa yang dikerjakan, (e) percaya diri dengan sosok yang diidolakan, (f) memuji diri sendiri, rasa ingin tahuwujudnya meliputi(a) selalu ingin tahu urusan orang lain, (b) suka bertanya, (c) memiliki niat untuk belajar, bersahabat/komunikatif wujudnya meliputi (a) mudah bergaul, (b) cepet menyesuaikan diri dengan lingkungan baru, (c) memiliki sikap kebersamaan dan kerja sama, dan (d) mudah tersenyum, (e) pembawaan riang, dan (f) memiliki kemampuan meyakinkan orang lain, peduli sosial wujudnya meliputi (a) peduli dengan orang lain, (b) membantu sesama, (c) memberikan petunjuk yang baik, (d) tokoh Marguireta memiliki rasa empati pada Jim, (e) tokoh Pate mengajari Jim membaca dan menulis, menghargai prestasi wujudnya meliputi (a) mengucapkan selamat atas prestasi yang diraih, (b) memberikan apresiasi dalam bentuk hadiah, dan (c) mendapatkan penghargaan, dan tanggung jawab wujudnya meliputi (a) menepati janji, (b) melakukan kewajiban, dan (c) memiliki jiwa menjaga dan melindungi.

Kata Kunci : nilai pendidikan karakter, novel Harga Sebuah Percaya

References

DAFTAR PUSTAKA

Amin, Maswardi Muhammad. 2011. Pendidikan Karakter Anak Bangsa. Jakarta: Baduose Madia.

Aminuddin. 2011. Pengantar Apresiasi Karya Sastra. Bandung : Sinar Baru Algensindo.

Anwar, Desi. 2013. Kamus Lengkap Bahasa Indonesia. Surabaya: Amelia.

Azzet, Akhmad Muhaimin. 2011. Urgensi Pendidikan Karakter di Indonesia. Jakarta: Ar-Ruzz Media.

Endraswara, Suwardi. 2011. Metodologi Penelitian Sastra.Yogyakarta: Med Press.

Esten, Mursal. 2013. Kesusastraan Pengantar Teori dan Sejarah. Bandung:Angkasa.

Fananie, Zainuddin. 2002. Telaah Sastra. Surakarta: Muhammadiyah University Press.

Hasbullah. 2006. Dasar-dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.

Ihsan, Fuad. 2008.Dasar-dasar Kependidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Khan, Yahya. 2010. Pendidikan Karakter Berbasis Potensi Diri. Semarang: Pelangi Plublishing.

Kosasih. 2012. Dasar-dasar Keterampilan Bersastra. Bandung: Yrama Widya.

Latif, Abdul. 2009. Pendidikan Berbasis Nilai Kemasyarakatan. Bandung: Refika Aditama.

Liye, Tere. 2019. Harga Sebuah Percaya. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Moleong, Lexy J. 2004. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Muslich, Masnur. 2011. Pendidikan Karakter Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional.Jakarta: Bumi Aksara.

Mustari, Mohamad. 2014. Nilai Karakter Refleksi untuk Pendidikan.Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Naim, Ngainun. 2012. Character Building.Jakarta: Ar-Ruzz Media.

Noor, Rohinam. M. 2011. Pendidikan Karakter Berbasis Sastra Solusi Pendidikan Moral yang Efektif. Jakarta: Ar-Ruz Media.

Nurgiantoro, Burhan. 2010. Teori Pengkajian Fiksi.Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Ratna, Nyoman Kutha. 2012. Teori, Metode, dan Teknik Penelitian Sastra.Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Samani, Muchlas dan Hariyanto. 2011. Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: Rosda Karya.

Semi, M. Atar. 1988. Anatomi Sastra. Padang: Angkasa Raya.

Siswanto, Wahyudi. 2013. Pengantar Teori Sastra. Malang: Aditya Media.

Sudjiman, Panuti. 1986. Kamus Istilah Sastra. Jakarta: Gramedia.

Suyitno, 2014.Kajian Novel dalam Spektroskop Feminisme dan Nilai Pendidikan.Yogyakarta: Graha Ilmu.

Tarigan, Henry Guntur.1985. Pengajaran Gaya Bahasa.Bandung: Angkasa Raya.

Wellek, Rene dan Austin Warren. 1993. Teori Kesusastraan. Diterjemahkan oleh Melani Budianta. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Wibowo, Agus. 2012. Pendidikan Karakter. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Yaumi, Muhammad. 2014. Pendidikan Karakter Landasan, Pilar dan Iplementasi. Jakarta: Prenadamedia Group.

Downloads

Published

2021-01-29
Abstract viewed = 277 times