PENGARUH PENERAPAN PETUNJUK KERJA PRATIKUM TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMP NEGERI 11 BENGKULU SELATAN

Penulis

  • Mike Olpa Putri Sari Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Tomi hidayat Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • nasral Universitas Muhammadiyah Bengkuu

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan petunjuk kerja pratikum terhadap hasil belajar siswa SMP Negeri 11 Bengkulu Selatan. Penelitian ini dilakukan pada bulan Februari 2024. Metode yang digunakan adalah metode True Eksperiment dengan menggunakan satu kelas eksperimen atau kelas perlakuan dan satu kelas kontrol, untuk melihat perbedaan hasil belajar siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol, maka digunakan desain Pretest - Posttest Control Group Design. Hasil analisis inferensial menunjukan bahwa skor rata-rata hasil belajar siswa setelah pembelajaran IPA dengan menerapkan petunjuk kerja pratikum tampak nilai Sig. (2-tailed) adalah 0,000 < 0,05 yang berarti hasil belajar IPA siswa bisa mencapai KKM 75. Ketuntasan belajar siswa setelah diajar dengan menerapkan petunjuk kerja pratikum secara klaksial ≥ 75% dimana terdapat 22 siswa yang mencapai ketuntasan belajar 88%.

Kata kunci: Petunjuk kerja, Pengaruh, True Eksperiment, SMP Negeri 11 Bengkulu Selatan.

Diterbitkan

2024-07-23

Terbitan

Bagian

Articles
Abstrak viewed = 21 times