Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran ARIAS Terhadap Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Biologi Di SMA Negeri 9 Kota Bengkulu
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji Apakah hasil belajar siswa pada Pelajaran Biologi yang
diajarkan melalui model pembelajaran ARIAS lebih tinggi dengan siswa yang diajarkan melalui model
pembelajaran Konvensional. Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. sampel dari populasi
dalam penelitian ini adalah dua kelas yang dipilih dengan teknik random posttest only control desingn.
Teknik analisis datanya dengan menggunakan 1. Uji Normalitas 2. Uji Homogenitas 3. Uji-t (Uji
Hipotesis). Berdasarkan nilai rata-rata hasil belajar Biologi siswa kelas eksperimen adalah 76,9
sedangkan nilai rata-rata hasil belajar siswa kelas kontrol adalah 54,4. Dan setelah dilakukan uji-t
diperoleh nilai signifikan hasil belajar siswa yaitu 0,0000,05 maka dengan demikian berdasarkan
hipotesis disimpulkan yaitu terdapat pengaruh antara kedua kelas yang diajarkan dengan pembelajaran
ARIAS dan Konvensional. Dimana Kelas eksperimen lebih besar rata-ratanya dibandingkan kelas
kontrol.
Kata kunci : Hasil Belajar, Kelas Eksperimen, Kelas Kontrol, Pembelajaran ARIAS.