ENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS, HASIL, DAN MINAT BELAJAR OLAH RAGA DI SMK NEGERI 2 KOTA BENGKULU
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk melihat peningkatan aktivitas, hasil dan minat belajar siswa di kelas X.3 SMK Negeri 2 Kota Bengkulu melalui penerapan model pembelajaran Discovery Learning dengan jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 4 tahapan yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan tindakan, tahap observasi dan tahap refleksi. Untuk hasil observasi guru pada siklus I di peroleh skor rata-rata 23 aktiviras guru dengan kriteria cukup meningkat pada siklus II sebesar 28 dengan kriteria baik meningkat kembali pada siklus III sebesar 29,5 dengan kriteria baik. Sedangkan skor rata-rata aktivitas siswa pada siklus I sebesar 22 dengan kriteria cukup meningkat pada siklus II sebesar 28 dengan kriteria baik meningkat kembali pada siklus III sebesar 29 dengan kriteria baik. persentase ketuntasan hasil belajar pada siklus I 71% (belum tuntas) meningkat pada siklus II 76% (belum tuntas) meningkat kembali pada siklus III 86%
(tuntas). Adapun hasil angket minat siswa pada siklus I diperoleh presentase 75% meningkat pada siklus II sebesar 89% meningkat kembali menjadi 93%. Untuk penilaian aktivitas guru dan siswa menggunakan lembar observasi, sementara itu penilaian tes dianalisis dengan post tes.untuk penilaian minat siswa menggunakan lembar angket. Dari hasil analisa yang telah dilakukan, maka penerapan pendekatan model Discovery Learning dapat meningkatkan minat, aktivitas guru dan siswa, hasil belajar SMK Negeri 2 Kota Bengkulu.
Kata kunci: Discovery Learning, Aktivitas, hasil, minat Belajar