PENGARUH LINGKUNGAN BELAJAR DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SMA NEGERI 32 BENGKULU UTARA
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahu : 1) Bagaimana Lingkungan Sekolah Siswa Di SMP Negeri 32 Bengkulu Utara; 2) Bagaimana Minat Belajar Siswa Di SMP Negeri 32 Bengkulu Utara; 3) Bagaimana Hasil Belajar Siswa Di SMP Negeri 32 Bengkulu Utara; 4) Adakah Pengaruh Lingkungan Sekolah Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Di SMP Negeri 32 Bengkulu Utara. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian Deskriftif Kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Negeri 32 Bengkulu Utara yang berjumlah 277 siswa dan sampel yang diambil adalah 15% dari jumlah populasi, maka sampel dalam penelitian ini sebanyak 42 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriftif dengan rumus persentase. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara lingkungan belajar dan minat belajar terhadap hasil belajar siswa di SMP Negeri 32 Bengkulu Utara. Hal ini di buktikan bahwa nilai > dari
19,50 > 4,09. Berarti lingkungan belajar dan minat belajar memiliki pengaruh terhadap hasil belajar siswa dengan persentase 42,6%.
Kata Kunci: Lingkungan Belajar, Minat Belajar, Hasil Belajar