PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA DI SMP NEGERI 21 BENGKULU UTARA
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatkan aktivitas belajar, kemampuan berfikir kreatif, dan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran Problem Based Learning. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian siswa kelas VII.C SMP Negeri 21 Bengkulu Utara yang berjumlah 30 siswa. Penelitian dilaksanakan pada bulan Juli – bulan Agustus 2019. Hasil penelitian menunjukan aktivitas guru pada siklus I nilai 32 (Baik) dan aktivitas siswa nilai 27 (cukup). Pada siklus II aktivitas guru nilai 35,5 (Baik) dan aktivitas siswa nilai 35,5 (baik). Sedangkan pada siklus III aktivitas guru mengalami peningkatan nilai 36 (baik), dan aktivitas siswa nilai 35 (baik). Hasil kemampuan berfikir kreatif siswa pada siklus I memperoleh nilai 54,50% (cukup), dan pada siklus II kemampuan berfikir kreatif siswa nilai 71,16% (Cukup). Sedangakan pada siklus III kemampuan berfikir Kreatif meningkat nilai 81,08% kategorikan kreatif. Hasil belajar siswa Pada siklus I hasil belajar siswa nilai rata-rata 65,3 ketuntasan belajar klasikal 53,3% (belum tuntas), pada siklus II nilai rata-rata 73,6 ketuntasan belajar klasikal 70% (belum tuntas), sedangkan pada siklus III diperoleh nilai rata-rata 77,23 ketuntasan belajar klasikal 87% (tuntas). Dari ketiga siklus tersebut mengalami peningkatan hasil belajar yang dilakukan oleh siswa dalam kegiatan belajar mengajar. Berdasarkan hasil data penilitian bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan aktivitas dan kemampuan berfikir kreatif siswa di SMP Negeri 21 Bengkulu Utara.
Kata kunci : Problem Based Learning (PBL), Aktifitas, Kemampuan Berfikir Kreatif, Hasil Belajar.