PENGARUH MODEL PEMBELAJARAAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA DI SMA PEMBANGUNAN KOTA BENGKULU

Penulis

  • Fatimah Rani Dalimunthe
  • Rika Apriani
  • Lachoni Lachoni

Abstrak

Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match terhadap minat dan hasil belajar biologi di SMA Pembangunan Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian eksperimen. Dengan menggunakan rancangan penelitian Non Randomized Control-Group Pretest/Posttest Design Sampel penelitian ini siswa dibagi menjadi 2 kelompok yaitu kelompok eskperimen dan kelompok kontrol.Adapun teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis dalam penelitian ini adalah menggunakan uji-t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh hasil belajar biologi siswa pada materi plantae/ciri-ciri tumbuhan antara model pembelajaran Make a Match dan pembelajaran konvensional. Setelah dilakukan hasil uji-t pada hasil belajar biologi siswa diperoleh nilai signifikan 0,001 artinya< dari 0,05 maka H 0 ditolak dan H 1 diterima. Dengan demikian terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match terhadap minat dan hasil belajar biologi di SMA Pembangunan Kota Bengkulu.
Kata Kunci : Make A Match, Minat, Hasil Belajar

Diterbitkan

2020-02-06

Terbitan

Bagian

Articles
Abstrak viewed = 124 times