PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT (Numbered Head Together) DAN JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA SMA NEGERI 9 KOTA BENGKULU

Penulis

  • Nasral Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Kurnia Nengsi SMA Negeri 9 Kota Bengkulu

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe NHT (Numbered
Head Together) dan jigsaw terhadap hasil belajar siswa di kelas X SMA Negeri 9 Kota Bengkulu.
Penelitian telah dilaksanakan pada bulan Januari-Februari 2022. Jenis penelitian ini adalah quasi
eksperimen dengan desain Randomized Control-Groub Pretest-Posttes Design. Sampel yang diambil
secara random sampling dari 8 kelas menjadi 3 kelas yaitu kelas X
C
sebagai kelas control, kelas X
F dan
kelas XH
sebagai kelas eksperimen, dimana kelas XF diberi perlakuan dengan model pembelajaran
kooperatif tipe jigsaw dan kelas XH diberi perlakuan dengan model pembelajaran kooperatif NHT
(numbered head together). Instrument yang digunakan berupa soal tes. Berdasarkan penskoran hasil
belajar posttest kelas eksperimen (NHT) 72,63 kelas eksperimen (Jigsaw) 75,76 sedangkan kelas control
65,21. Setelah dilakukan uji Anova diperoleh signifikansi 0,001 artinya < dari 0,05. Selanjutnya
dilakukan uji lanjut post hoc LSD berdasarkan analisis data diperoleh nilai siginifikan 0,024 < 0,05 untuk
kelas eksperimen (NHT) dan nilai signifikan 0,001 < 0,05 untuk kelas eksperimen (Jigsaw). Hal ini
menyatakan terdapat pengaruh kemampuan hasil belajar antara kelas eksperimen dan kelas control.
Sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe NHT (Numbered Head Together)
dan Jigsaw memberikan pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa SMA Negeri 9 kota
Bengkulu. Sedangkan model pembelajaran yang lebih efektif dan cocok digunakan pada pembelajaran
Kimia khususnya pada materi Kesetimbangan adalah model pembelajaran Jigsaw dikarenakan model
pembelajaran jigsaw memiliki nilai rata-rata lebih tinggi dibandingkan model pembelajaran NHT
(Numbered Head Together) dan konvensional dengan skor nilai rata-rata secara berurutan yaitu 75.76,
72.63, 65.21.
Kata kunci: Hasil Belajar, NHT (Numbered Head Together), Jigsaw

Diterbitkan

2023-06-22

Terbitan

Bagian

Articles
Abstrak viewed = 48 times