PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA SMP N 01 BENGKULU UTARA
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran IPA di SMP N 01 Bengkulu Utara dengan menggunakan model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 3 siklus, setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar tes bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis siswa. Pada Kemampuan berpikir kritis siswa pada siklus I dengan rata-rata persentase 63,03 % dengan kriteria cukup dan pada siklus II dengan rata-rata 66,96 % dengan kriteria cukup sedangkan pada siklus III dengan rata-rata 77,47 % dengan kriteria baik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran berbasis masalah (PBM) dikelas IX SMP N 01 Bengkulu Utara dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa.
Kata kunci : Kemampuan Berpikir Kritis, Model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM)