ANALISIS KEPUASAN SISWA PADA PELAYANAN PERPUSTAKAAN SMPN 14 KOTA BENGKULU

Authors

  • Setyaningrum Setyaningrum
  • Devia Aryanti

Abstract

Perpustakaan mempunyai peranan penting sebagai jembatan menuju penguasaan ilmu
pengetahuan yang sekaligus menjadi tempat rekreasi yang menyenangkan dan menyegarkan. Perpustakaan memberi kontribusi penting bagi terbukanya informasi tentang ilmu pengetahuan. Pelayanan yang bermutu akan menghadirkan kepuasan bagi siswa sehingga dapat menimbulkan minat untuk secara kontinu menikmati fasilitas perpustakaan. Penelitian ini merupakan penelitiandeskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Sebanyak 105 siswa dijadikan responden yang dipilih secara random dimana masing-masing kelas dipilih
sebanyak 35 siswa. Dalam menentukan tingkat kepuasan digunakan skala likert. Hasil
penelitian ini menunjukkan bahwa siswa puas dengan jumlah petugas perpustakaan di mana diperoleh nilai rata-rata sebesar 3,990, siswa puas dengan penampilan dan kerapihan petugas perpustakaan di mana diperoleh nilai rata-rata sebesar 4,171, siswa puas dengan keramahan petugas perpustakaan di mana diperoleh nilai rata-rata sebesar 4,067, siswa puas dengan inisiatif petugas dalam membantu di mana diperoleh nilai rata-rata sebesar 3,771, siswa puas dengan kecepatan petugas dalam membantu di mana diperoleh nilai rata-rata sebesar 3,752, siswa puas dengan penguasaan petugas terhadap koleksi di mana diperoleh nilai rata-rata sebesar 3,867, dan siswa puas dengan layanan petugas perpustakaan di mana diperoleh nilai rata-rata sebesar 3,610. Secara keseluruhan, 34 siswa atau 32% siswa mengaku sangat puas dengan pelayanan perspustakaan, 47 siswa atau 45% siswa mengaku puas dengan pelayanan perpustakaan, dan 24 siswa atau 23% siswa mengaku cukup puas dengan pelayanan perpustakaan Berdasarkan nilai rata-rata komposit sebesar 3,890 maka dapat disimpulkan bahwa siswa puas dengan pelayanan perpustakaan SMPN 14 Kota Bengkulu.
Kata kunci: kepuasan ,pelayanan,perpustakaan

Downloads

Published

2020-02-06
Abstract viewed = 160 times