PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN ARIAS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI DI KELAS VIII SMP N 34 KABUPATEN BENGKULU UTARA

Authors

  • Runi Sionti ekolah Menengah Pertama Negeri 34 Bengkulu Utara

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji Apakah hasil belajar siswa pada materi IPA yang diajarkan melalui model pembelajaran ARIAS lebih tinggi dengan siswa yang diajarkan melalui model pembelajaran Konvensional. Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. sampel dari populasi dalam penelitian ini adalah dua kelas yang dipilih dengan teknik random posttest only control desingn. Teknik analisis datanya dengan menggunakan 1. Uji Normalitas 2. Uji Homogenitas 3. Uji-t (Uji Hipotesis). Berdasarkan nilai rata-rata hasil belajar IPAi siswa kelas eksperimen adalah 76,9 sedangkan nilai rata-rata hasil belajar siswa kelas kontrol adalah 54,4. Dan setelah dilakukan uji-t diperoleh nilai signifikan hasil belajar siswa yaitu 0,0000,05 maka dengan demikian berdasarkan hipotesis disimpulkan yaitu terdapat pengaruh antara kedua kelas yang diajarkan dengan pembelajaran ARIAS dan Konvensional. Dimana Kelas eksperimen pada kelas VIII A lebih besar rata-ratanya dibandingkan kelas kontrol pada kelas VIII B

Kata kunci : Hasil Belajar, Kelas Eksperimen, Kelas Kontrol, Pembelajaran ARIAS.

References

Arikunto, S. 2002 . Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara

Agustanti, T.H. 2012.Implementasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi. Jurnal pendidikan IPA

Indonesia 1(17): 16-20.

Ahmadi. 1997. Prinsip-Prinsip dan Teknik

Evaluasi Pengajaran. Jakarta : Remaja

Rosdakarya.

Dimyanti, dan Mudjiono. 2009.Belajar dan

Pembelajaran. Renika Cipta. Jakarta Hamalik, O. 2001 . Kurikulum dan

Pembelajaran. Jakarta : Bumi Aksara. Indah. 2010. Pengembangan berbagai model pembelajaran ARIAS pada pembelajaran Biologi untuk meningkatkan hasil belajar

siswa. Jurnal Seminar Nasional VIII UNS. Sanjaya. 2011. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan.

Jakarta. Kencana.

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang

Mempengaruhi. Jakarta : Rineka Cipta. Soetomo, 1993. Dasar-Dasar Interaksi Belajar Mengajar. Surabaya : Usaha Nasional. Sopah Djamarah. 2007. Pengembangan dan

Penggunaan model Pembelajaran Arias. Diambil dari: http://www.gururdcupractilalite.

Sudjana, Nana. 2009. Penelitian Hasil Proses Belajar Mengajar. Remaja Rosdakarya. Bandung.

Supriyono, A. 2010. Model Pembelajaran ARIAS. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Slavin. 2008. Model ARIAS. Bandung: Nusa Media.

Sintaria. 2012. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Assurance Relevance Interest Assesment and Satisfaction (ARIAS) Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI IPA SMA Al Islam 1 Surakarta. Diambil dari: http://download. Portalgaruda.org.

Sriwedari. 2011. Pengaruh Model Pembelajaran ARIAS Terhadap Hasil Belajar Siswa Biologi Di SMP N 12 Magelang. Jurnal Seminar Nasional VIII UNS.

Uno, Hamzah. 2008. Model Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Downloads

Published

2021-08-20

Issue

Section

Articles
Abstract viewed = 107 times