PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS KOMIK DIGITAL DI MASA COVID JENJANG SEKOLAH DASAR DI BANTEN
Abstract
Tulisan ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang pemanfaatan media pembelajaran komik di masa covid. Dalam tulisan ini, penulis membahas tentang apa itu media pembelajaran komik digital, bagaimana cara membuat dan memanfaatkan komik digital sebagai media pembelajaran dalam PJJ (Pembelajaran Jarak Jauh) di situasi masih adanya wabah corona virus. Dimasa pandemi sekarang ini banyak sekali keluhan/kendala yang dihadapi para guru jenjang pendidikan dasar selama PJJ terkait dengan media pembelajaran. Mereka tidak pernah menggunakan media dalam pembelajaran PJJ. Dimasa pandemi ini kegiatan pembelajaran yang sebelumnya dilaksanakan secara tatap muka bertemu di kelas sekarang berubah menjadi pembelajaran yang dilaksanakan secara daring/virtual. Mereka menerapkan PJJ, tetapi banyak dari para pendidik itu masih kebingungan dan tidak pernah menggunakan media dalam PJJ tersebut. Karena alasan tersebut diatas, penulis membuat tulisan tentang pembuatan dan pemanfaatan media pembelajaran berbasis komik digital untuk pembelajaran di masa covid yang dapat diakses baik di perkotaan/pedesaan, dengan atau tanpa internet, salah satunya yaitu media pembelajaran komik digital.
Kata kunci: komik digital, covid, pandemi, PJJ
References
Sukiman. (2012). Pegembangan Media Pembelajaran. PEDAGODIA. Cetaka Pertama. Januari 2012. Yogyakarta
Suparman, A. 2001. Desain Instruksional. PAU PPAI Ditjen Dikti Depdiknas
Bambang Warsita. (2008). Teknologi Pembelajaran: landasan dan Aplikasinya. Jakarta: Rineka Cipta
Gerlach, Vernon S. Ely, Donald P. (1980). Teaching Media; A Systematic Approach. Prentice Hall, Inc, Englewood Cliffs, New Jersey.
Seamolec. (2012). Teknologi Informasi Komunikasi Dasar, Pemanfaatan Media Sosial dalam Pembelajaran. SEAMEO Regional Open Learning Centre (SEAMOLEC). Komplek Universitas Terbuka
Arif S. Sadiman. (2006). Media Pendidikan Pengertian, pengembangan, dan pemanfaatannya. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada
Ambaryani. Gamaliel Septian Airlanda (2017) Pengembagan Media Komik untuk Efektifitas dan Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Materi Perubahan Lingkungan Fisik. Program Studi FKIP-PGSD, Universitas Kristen Satya Wacana. Jurnal Pendidikan Surya Edukasi (JPSE) vol. 3, no. 1.
Aeni, W. A., & Yusupa, A. (2018). Model Media Pembelajaran E-Komik Untuk SMA. Jurnal Kwangsan, 6(1), 1. https://doi.org/10.31800/jurnalkwangsan.v6 i1.66
Afifah. Finda Hadiatin, 2017, dengan judul “Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Menggunakan Comic Life dan Flip Book untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Fisika Siswa pada Materi Energi Mekanik Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran berbasis multimedia interaktif menggunakan comic life dan flip book pada materi energi mekanikâ€. Universitas Ahmad Dahlan, Jalan Pramuka 42, Sidikan, Umbulharjo, Yogyakarta
Sukartiningsih, W. (2013). Penggunaan media komik untuk meningkatkan ketrampilan membaca cerita di kelas V SD†JPGSD Volume 01 Nomor 02 Tahun 2013, 0- 216.Tersedia.
Kependidikan Vol. 1, 30 April 2021
(Jilid 2)
Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Komik Digital di Masa Covid Jenjang Sekolah Dasar di Banten
Handini
Kependidikan Vol. 1, 30 April 2021
(Jilid 2)
https://media.neliti.com/media/publications/ 250546-penggunaan-media-komik-untuk- meningkatka-12d11994.pdf
Syarah, E. S., Yetti, E., & Fridani, L. (2018). Pengembangan Media Komik Elektronik Untuk Meningkatkan Pemahaman Konservasi Anak Usia Dini. JPUD - Jurnal Pendidikan Usia Dini, 12(2), 231–240. https://doi.org/10.21009/jpud.122.04
Wiwik Akhirul, Ade Yusupa, (2018) dengan judul Model Media Pembelajaran E-Komik untuk SMA.
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Republik Indonesia. (2020). Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Penyebaran Corona Virus Disease (Covid- 19). https://drive.google.com/file/d/1VrAOA3Q z5bV2p6FgN7Xv7GHVmS0u44Er/view
Keputusan Bersama Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Menteri Agama, Menteri Kesehatan, dan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia. (2020). Tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran pada Tahun Ajaran 2020/2021 dan Tahun Akademik 2020/2021 di Masa Pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19). https://ditpdpontren.kemenag.go.id/web/wp -content/uploads/2020/06/SKB- PEMBELAJARAN-TA-BARU-MASA- COVID-19.pdf
https://en.wikipedia.org/wiki/Plasq diakses 26 November 2020
Comic life Plasq. (n.d.). Retrieved from http://plasq.com/apps/comiclife/ma cwin/,
Fitri Dwi Arini. 2017. The Use of Comic As a Learning Aid to Improve Learning Interest of Slow Learner Student. European Journal of Special Education Research (online), Vol 2, Issue 1.