ANALISIS MATA PELAJARAN PPKN SEBAGAI SARANA INTERNALISASI LITERASI POLITIK PEMILIH PEMULA DI SMA ISLAM AL FALAH JAMBI
DOI:
https://doi.org/10.36085/jupank.v5i2.8668Abstract
PPKn memberikan sarana sebagai salah satu internalisasi pendidikan politik untuk membentuk siswa/i menjadi melek terhadap politik. PPKn juga membentuk siswa/i menjadi warga negara yang baik dan cerdas, yaitu sebagai warga negara yang mengetahui mengenai hak, kewajiban, tanggung jawab serta kedudukan politiknya ditengah demokrasi. Dari hasil observasi siswa/i kelas XII SMA Islam Al-Falah Jambi, yang pada praktiknya adalah merupakan pemilih pemula belum memahami pendidikan politik dengan baik. Penelitian ini mempunyai tujuan untuk mengetahui peran mata pelajaran PPKn sebagai sarana internalisasi literasi politik pemilih pemula di SMA Islam Al Falah Jambi. Berdasarkan hasil penelitan menggunakan indikator literasi politik Madhok dengan empat indikator, yaitu (1) kesadaran akan pentingnya aktivitas politik, (2) kemampuan membuat opini tentang proses politik, (3) mengetahui kebijakan pemerintah, (4) ikut serta aktif dalam politik bahwa peran mata pelajaran PPKn sebagai sarana internalisasi literasi politik pemilih pemula di SMA Islam Al Falah Jambi kurang optimal dapat dilihat dari kegiatan pembelajaran jarang dikaitkan langsung dengan pengalaman nyata siswa dalam kehidupan bermasyarakat, mata pelajaran PPKn sebagai internalisasi literasi politik tentang pengetahuan konsep politik dan demokrasi cukup baik, tetapi untuk beropini proses politik, pengetahuan tentang kebijakan pemerintah dan partisipasi politik masih kurang untuk itu diperlukan inovasi pembelajaran yang lebih kontekstual dan dialogis agar literasi politik pemilih pemula dapat terbangun secara optimal melalui mata pelajaran PPKn.
Kata Kunci: Mata Pelajaran PPKN, Literasi Politik, Pemilih Pemula
_.png)
