PENGARUH KONTEN POLITIK DI TIKTOK TERHADAP LITERASI POLITIK PEMILIH PEMULA (STUDI KASUS: SMK BINA INSAN)
DOI:
https://doi.org/10.36085/jupank.v5i2.8638Abstract
Perkembangan media sosial telah membawa perubahan signifikan dalam pola konsumsi informasi politik, terutama di kalangan pemilih pemula. TikTok sebagai platform yang populer di kalangan remaja menjadi medium baru dalam penyebaran konten politik, baik secara langsung maupun tidak langsung. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh konten politik di TikTok terhadap tingkat literasi politik pemilih pemula, dengan studi kasus pada siswa SMK Bina Insan. Metode yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan penyebaran kuesioner kepada responden yang dipilih secara purposive. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif antara intensitas mengakses konten politik di TikTok dengan tingkat literasi politik siswa. Meski demikian, tidak semua informasi yang dikonsumsi berdampak positif, mengingat adanya potensi disinformasi. Oleh karena itu, diperlukan penguatan kemampuan berpikir kritis dan penyaringan informasi di kalangan pemilih muda untuk mendorong partisipasi politik yang cerdas dan bertanggung jawab.
Kata Kunci: TikTok, Konten Politik, Literasi Politik, Pemilih Pemula