PENINGKATAN PEMAHAMAN KEWARGANEGARAAN MELALUI VIDEO ANIMASI YOUTUBE: STUDI KASUS MI AULIA CENDEKIA PEKANBARU

Authors

  • Aryanto UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH RIAU
  • Muhammad Aulia AlHafiz UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH RIAU
  • Fitriani Sundari

DOI:

https://doi.org/10.36085/jupank.v5i2.8635

Abstract

Memahami hak dan kewajiban sebagai warga negara merupakan landasan utama dalam membentuk karakter siswa sejak usia dini. Namun, dalam praktiknya, pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) di tingkat sekolah dasar cenderung bersifat teoritis dan kurang mampu menarik minat siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimana peran media video animasi dari YouTube dapat dimanfaatkan sebagai alat bantu dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep kewarganegaraan. Pendekatan yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui studi literatur, observasi, dan wawancara. Penelitian ini melibatkan 30 siswa kelas IV serta satu orang guru PKn di MI Aulia Cendekia Pekanbaru sebagai subjek. Media pembelajaran yang digunakan berupa video animasi dengan tema kepahlawanan dan nilai-nilai kebangsaan. Temuan penelitian menunjukkan bahwa penggunaan video animasi interaktif dapat meningkatkan antusiasme belajar, keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran, serta pemahaman mereka terhadap materi PKn dengan cara yang lebih menyenangkan dan relevan dengan kehidupan sehari-hari.

 

Kata Kunci: Hak dan Kewajiban Warga Negara, Pendidikan Kewarganegaraan (PKn), Video Animasi YouTube, Pembelajaran Interaktif, Madrasah Ibtidaiyah.

Downloads

Published

2025-10-13
Abstract viewed = 0 times