HUBUNGAN STRATEGI GURU DALAM MENGATASI KURANGNYA MEDIA PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR NEGERI CIREWED
DOI:
https://doi.org/10.36085/jupank.v5i2.8238Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi yang diterapkan oleh guru dalam mengatasi keterbatasan media pembelajaran di SD Negeri Cirewed, Kabupaten Tangerang. Menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, data diperoleh melalui observasi tidak langsung dan penyebaran kuesioner kepada 33 guru dari berbagai jenjang kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meskipun sarana media pembelajaran di sekolah terbatas, guru tetap mampu menjalankan proses pembelajaran secara efektif melalui strategi alternatif, seperti penggunaan alat peraga sederhana, pemanfaatan lingkungan sekitar, hingga pendekatan diskusi dan cerita. Analisis korelasi Pearson menunjukkan hubungan yang sangat lemah dan tidak signifikan antara ketersediaan media pembelajaran dan strategi yang diterapkan (r = 0,034; p = 0,849). Temuan ini mengindikasikan bahwa kreativitas dan inisiatif guru lebih menentukan keberhasilan pembelajaran dibandingkan dengan ketersediaan media pembelajaran modern. Oleh karena itu, peningkatan kapasitas guru dalam merancang strategi yang adaptif menjadi kunci penting dalam menjamin mutu pembelajaran di tengah keterbatasan fasilitas.
Kata Kunci: strategi guru, media pembelajaran, keterbatasan fasilitas, SD Negeri Cirewed, pembelajaran efektif