HUBUNGAN ChatGPT DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA
Abstract
Abstrak
Kemampuan pemecahan masalah matematis merupakan keterampilan penting dalam pembelajaran matematika, namun hasil studi PISA menunjukkan bahwa kemampuan siswa Indonesia dalam matematika masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan ChatGPT dan motivasi belajar terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Metode yang digunakan adalah survei dengan teknik korelasional, di mana data dikumpulkan melalui kuesioner yang diberikan kepada responden. Analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik analisis jalur untuk mengukur hubungan antara variabel ChatGPT (X1), motivasi belajar siswa (X2), dan kemampuan pemecahan masalah matematis (Y). Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan ChatGPT secara signifikan meningkatkan pemahaman konsep dan keterampilan berpikir kritis siswa dalam menyelesaikan masalah matematis. Selain itu, motivasi belajar yang tinggi berperan penting dalam meningkatkan keuletan dan ketahanan siswa dalam menghadapi tantangan matematika. Simpulan dari penelitian ini adalah bahwa integrasi teknologi berbasis kecerdasan buatan seperti ChatGPT, yang didukung oleh motivasi belajar yang tinggi, dapat menjadi strategi efektif untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa.
Kata Kunci: ChatGPT, motivasi belajar, pemecahan masalah matematis, teknologi Pendidikan.