HUBUNGAN ChatGPT DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA

Authors

  • Dewi Purnama Sari Universitas Pamulang
  • Alinurdin
  • Radhya Putri Salwa Alifah Universitas Pamulang

Abstract

Abstrak

Kemampuan pemecahan masalah matematis merupakan keterampilan penting dalam pembelajaran matematika, namun hasil studi PISA menunjukkan bahwa kemampuan siswa Indonesia dalam matematika masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan ChatGPT dan  motivasi   belajar  terhadap  kemampuan  pemecahan masalah matematis siswa. Metode yang digunakan adalah survei dengan teknik korelasional, di mana data dikumpulkan melalui kuesioner yang diberikan kepada responden. Analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik analisis jalur untuk mengukur   hubungan   antara variabel ChatGPT (X1), motivasi belajar siswa (X2), dan kemampuan pemecahan masalah matematis (Y). Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan ChatGPT secara signifikan meningkatkan   pemahaman   konsep   dan   keterampilan   berpikir   kritis   siswa   dalam menyelesaikan masalah matematis. Selain itu, motivasi belajar yang tinggi berperan penting dalam meningkatkan keuletan dan ketahanan siswa dalam menghadapi tantangan matematika. Simpulan dari penelitian  ini adalah bahwa integrasi teknologi  berbasis kecerdasan buatan seperti  ChatGPT,  yang didukung oleh motivasi belajar yang tinggi, dapat menjadi strategi efektif untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa.

Kata Kunci: ChatGPT, motivasi belajar, pemecahan masalah matematis, teknologi Pendidikan.

Downloads

Published

2025-04-15
Abstract viewed = 0 times