KORELASI MODEL PEMBELAJARAN DEMOKRASI BERBASIS KONTEKSTUAL TERHADAP PENINGKATAN PROFIL BELAJAR PANCASILA DI SMP NEGERI 2 KOTA BENGKULU

Authors

  • lara febrianti mahasiswapkn
  • Elfahmi Lubis

DOI:

https://doi.org/10.36085/jupank.v5i2.6896

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengevaluasi pengaruh penerapan model pembelajaran kontekstual terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan atau PKN di SMP Negeri 2 Kota Bengkulu dengan menggunakan metode kuantitatif deskriptif dan analisis statistik korelasional hasil belajar siswa. Sampel penelitian terdiri dari 37 siswa kelas IXC dengan teknik pengambilan sampel perposive sampling data dikumpulkan melalui observasi angket dan dokumentasi dan dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan inferensial hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kontekstual berdampak positif pada peningkatan hasil belajar siswa rata-rata nilai siswa setelah penerapan model ini mencapai 65,6% yang menunjukkan peningkatan signifikan dibandingkan dengan metode ceramah dan diskusi tradisional yang sebelumnya digunakan penelitian ini mengungkapkan bahwa pembelajaran kontekstual dapat mengatasi tantangan seperti kurangnya keterlibatan siswa dan rendahnya motivasi dengan menjadikan materi pembelajaran lebih relevan dan menarik temuan ini diharapkan memberikan kontribusi pada perbaikan metode pembelajaran di SMP Negeri 2 Kota Bengkulu serta menjadi referensi bagi pengembangan kurikulum yang lebih responsif terhadap kebutuhan siswa.

Kata Kunci: Pembelajaran Kontekstual, Hasil Belajar, dan Pendidikan Kewarganegaraan.

Downloads

Published

2025-10-27
Abstract viewed = 0 times