IMPLEMENTASI PROFIL PELAJAR PANCASILA TEMA DEMOKRASI DI KELAS VII SEKOLAH SMP N 15 KOTA BENGKULU

Authors

  • Anisahtul Hasanah Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Amnah Qurniati Universitas Muhammadiyah Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.36085/jupank.v5i2.6787

Abstract

Abstrak

Penelitin ini untuk mengetahui: 1). Untuk mengetahui implementasi profil pelajar pancasila tema  demokasi di sekolah SMPN 15 Kota Bengkulu. 2). Untuk mengetahui faktor pendukung Profil Pelajar Pancasila tema demokrasi di SMP N 15 Kota Bengkulu. 3). Untuk mengetahui faktor penghambat penerapan Profil Pelajar Pancasila tema  demokrasi di SMP N 15  Kota Bengkulu. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Manfaat dari penelitian ini adalah: 1. Manfaat Teoritis atau akademis merupakan manfaat penelitian bagi  pengembangan ilmu. Sehingga manfaat teoritis ini dapat mengembangkan  ilmu yang diteliti dari segi teoritis. Teori yang digunakan tentunya berdasarkan penelitian diteliti dari segi teoritis. Teori yang digunakan tentunya berdasarkan peneliti atau penulis sebelumnya. Manfaat teoritis ini  berfungsi untuk menjelaskan apabila teori yang digunakan masih relevan  untuk penelitian penulis, relevan secara umum, atau tidak sama sekali. Oleh karena itu, hasil penelitian ini diharapkan dapat memperbaiki  hasil dari penelitian-penelitian sebelumnya dan dapat memberikan kontribusi bagi perkembangan ilmu pengetahuan mengenai implentasi profil pelajar pancasila tema demokrasi  di kelas VII  sekolah SMP N 15 Kota Bengkulu. 2. Manfaat Praktis: memberikan manfaat bagi guru, lembaga pendidikan, peneliti dan peneliti selanjutnya. Pengumpulan data dalam penelitian dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan teknik analisis kualitatif dengan tahapan: Pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini menghasilkan temuan sebagai berikut: Implementasi kegiataan profil pelajar pancasila tema demokrasi di kelas VII Sekolah  SMP Negeri 15 Kota Bengkulu, kegiataan yang dilakukan dalam penerapan profil pelajar pancsila tema demokrasi yaitu pemilihan ketua dan wakil ketua osis dengan menyusun tema suara demokrasi. faktor pendukung yaitu  1.) adanya semangat dan kreativitas guru, 2.) adanya kolaborasi yang baik dari semua pihak terkait seperti koordinator dengan guru, antarsiswa, pembina osis dan juga anggota osis. Faktor penghambat 1) Holistik dan 2) Konstektual

 

Kata Kunci: profil pelajar Pancasila, demokrasi

Downloads

Published

2025-10-27
Abstract viewed = 0 times