IMPLEMENTASI PROFIL PELAJAR PANCASILA TEMA DEMOKRASI DI KELAS VII SEKOLAH SMP N 15 KOTA BENGKULU
DOI:
https://doi.org/10.36085/jupank.v5i2.6787Abstract
Abstrak
Penelitin ini untuk mengetahui: 1). Untuk mengetahui implementasi profil pelajar pancasila tema demokasi di sekolah SMPN 15 Kota Bengkulu. 2). Untuk mengetahui faktor pendukung Profil Pelajar Pancasila tema demokrasi di SMP N 15 Kota Bengkulu. 3). Untuk mengetahui faktor penghambat penerapan Profil Pelajar Pancasila tema demokrasi di SMP N 15 Kota Bengkulu. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Manfaat dari penelitian ini adalah: 1. Manfaat Teoritis atau akademis merupakan manfaat penelitian bagi pengembangan ilmu. Sehingga manfaat teoritis ini dapat mengembangkan ilmu yang diteliti dari segi teoritis. Teori yang digunakan tentunya berdasarkan penelitian diteliti dari segi teoritis. Teori yang digunakan tentunya berdasarkan peneliti atau penulis sebelumnya. Manfaat teoritis ini berfungsi untuk menjelaskan apabila teori yang digunakan masih relevan untuk penelitian penulis, relevan secara umum, atau tidak sama sekali. Oleh karena itu, hasil penelitian ini diharapkan dapat memperbaiki hasil dari penelitian-penelitian sebelumnya dan dapat memberikan kontribusi bagi perkembangan ilmu pengetahuan mengenai implentasi profil pelajar pancasila tema demokrasi di kelas VII sekolah SMP N 15 Kota Bengkulu. 2. Manfaat Praktis: memberikan manfaat bagi guru, lembaga pendidikan, peneliti dan peneliti selanjutnya. Pengumpulan data dalam penelitian dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan teknik analisis kualitatif dengan tahapan: Pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini menghasilkan temuan sebagai berikut: Implementasi kegiataan profil pelajar pancasila tema demokrasi di kelas VII Sekolah SMP Negeri 15 Kota Bengkulu, kegiataan yang dilakukan dalam penerapan profil pelajar pancsila tema demokrasi yaitu pemilihan ketua dan wakil ketua osis dengan menyusun tema suara demokrasi. faktor pendukung yaitu 1.) adanya semangat dan kreativitas guru, 2.) adanya kolaborasi yang baik dari semua pihak terkait seperti koordinator dengan guru, antarsiswa, pembina osis dan juga anggota osis. Faktor penghambat 1) Holistik dan 2) Konstektual
Kata Kunci: profil pelajar Pancasila, demokrasi
_.png)
